Pastikan Bapok Aman, Satgas Pangan Polda Jawa Timur Terjun di Pasar Surabaya

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Pastikan Bapok Aman, Satgas Pangan Polda Jawa Timur Terjun di Pasar Surabaya
Satgas pangan Polda Jawa Timur sedang melakukan pemantauan di sejumlah di Surabaya untuk memastikam harga bahan pokok jelang lebaran aman. Foto: Ist.

" Sejumlah pasar di Kota Surabaya didatangi tim satgas pangan Polda Jawa Timur. Tim yang dipimpin Kombes Pol Farman tersebut turun ke sejumlah pasar untuk memastikan dan melakukan pemantauan stok bahan pokok penting (bapokting) di Kota Surabaya aman jelang lebaran tahun ini "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sejumlah pasar di Kota Surabaya didatangi tim satgas pangan Polda Jawa Timur. Tim yang dipimpin Kombes Pol Farman tersebut turun ke sejumlah pasar untuk memastikan dan melakukan pemantauan stok bahan pokok penting (bapokting) di Kota Surabaya aman jelang lebaran tahun ini.

Kasatgasda Pangan Polda Jawa Timur, Kombes Pol Farman mengatakan dalam pemantauannya selama ini, kondisi bapok di pasar-pasar yang ada di Kota Surabaya dan daerah lainnya di Jawa Timur pada umumnya dalam kondisi aman.

Menurut mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya itu ada pergerakan harga pada komoditi daging ayam dan daging sapi, tetapi secara umum harga tersebut masih dalam batas normal atau terkendali.

Baca Juga: 90 Bus Gratis Bagi Pemudik Gratis di Jawa Timur, Berikut Rutenya

“Alhamdulilah, stok dalam kondisi aman dan stabil serta pada dasarnya memang secara keseluruhan harganya masih normal,” ujarnya, Kamis (20/4/2023).

Kasatgasda yang juga Direskrimsus Polda Jawa Timur itu menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan bapokting hingga Idul Fitri nanti.

"Kita akan terus memantau sampai dengan pelaksanaan hari besar keagamaan Idul Fitri 1444 H," ungkap Kombes Farman.

Farman juga menegaskan, pihaknya bersama tim Satgas Pangan lainnya yang berada di pusat maupun daerah akan terus mengantisipasi adanya spekulan-spekulan, sehingga lonjakan harga yang terjadi masih dalam kendali.

Kombes Farman menjelaskan, tren pergerakan harga menjelang perayaan lebaran kali ini cenderung berangsur turun, seperti yang terjadi pada komoditi cabe rawit yang saat ini dijual dengan harga Rp25 ribu per kilogramnya.

“Alhamdulilah konsumen yang datang ke pasar tidak ada yang mengeluh tentang harga dan saat ini harga-harga masih dalam kondisi normal dan dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET)," ujarnya.

Baca Juga: 19 Ribu Lebih Personel Turun Amankan Mudik di Jawa Timur

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengungkapkan Pemerintah Kota (Pemkot) telah mengambil langkah untuk memastikan harga kebutuhan pokok tetap stabil jelang lebaran.

“Hampir setiap hari di bulan Ramadhan ini Pemkot Surabaya melalui Dinkopdag rutin menggelar Operasi Pasar bahan pokok di 31 Kecamatan untuk menjaga harga tetap stabil serta pasokan terjaga,” kata politisi PDI Perjuangan ini. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga