PDAM Kendari Pastikan Suplai Air Bersih Aman di Musim Kemarau

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 03 Desember 2019
0 dilihat
PDAM Kendari Pastikan Suplai Air Bersih Aman di Musim Kemarau
Dirut PDAM Kota Kendari, Damin. Foto : Muhammad Israjab/Telisik

" Untuk musim kemarau ini, InsyaAllah Sungai Pohara masih aman. Kapasitas debit air sungainya itu 90 ribu liter perdetik, ketika musim kemarau panjang. paling surut itu 30 ribu liter sampai 40 ribu liter perdetik. Sekarang keadaanya masih aman. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejak pertengahan tahun 2019 ini, intensitas hujan sangat minim. Keadaan tersebut mengakibatkan sumber air yang ada di Sungai Pohara debit airnya menurun.

Baca Juga: KNPI Buteng Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Wadiabero

Dirut PDAM Kota Kendari, Damin bilang, bahwa kemarau yang cukup panjang ini mengakibatkan beberapa daerah tidak mendapatkan suplai air yang maksimal dari PDAM.

"Untuk musim kemarau ini, InsyaAllah Sungai Pohara masih aman. Kapasitas debit air sungainya itu 90 ribu liter perdetik, ketika musim kemarau panjang. paling surut itu 30 ribu liter sampai 40 ribu liter perdetik. Sekarang keadaanya masih aman," ucapnya, Senin (2/11/2019).

Masalah lain yang masih dihadapi oleh PDAM Kota Kendari, salah satunya adalah jaringan pipa yang ada di sekitar Bungkutoko karena adanya perbaikan jalan, namun tetap ada penggantian terhadap pipa yang rusak.

"Itupun jika ada pelebaran, pipa kami yang rusak tetap diganti. Kemudian keluhan dari warga, air kami distribusi melalui truk tangki air, dan cukup banyak permintaan karena kemarau panjang ini," ujarnya.

Baca Juga: Kades di Buteng Tolak disebut Korban Penipuan

Dua truk tangki disediakan yang masing-masing berisi empat kubik air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan untuk biaya pengantarannya sendiri disesuaikan dengan zona baik itu zona satu, dua dan tiga.

"Kalau jarak terdekat itu, biaya antarnya mencapai Rp 100 ribu. Biasanya permintaan karena kekurangan pasokan air dan terlebih kemarau yang berkepanjangan," terangnya.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Rani

Baca Juga