PDIP Luncurkan 38 Bioskop Keliling untuk Penuhi Kebutuhan Pemilu 2024

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 29 September 2023
0 dilihat
PDIP Luncurkan 38 Bioskop Keliling untuk Penuhi Kebutuhan Pemilu 2024
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, dengan latar belakang mobil bioskop keliling di area parkir JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023). Foto: Antara

" Tujuh dari 38 unit mobil bioskop keliling ditampilkan di arena rapat kerja nasional (Rakernas) IV PDIP di area parkir Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tujuh dari 38 unit mobil bioskop keliling ditampilkan di arena rapat kerja nasional (Rakernas) IV PDIP di area parkir Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).

Mobil bioskop keliling tersebut akan disebar ke seluruh Indonesia untuk menyiarkan informasi seputar PDIP dan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.

Mobil bioskop keliling itu diresmikan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Dia didampingi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Ganjar Pranowo.

“Saya merasa berterima kasih sekali, karena ini PDI Perjuangan itu juga selalu mencoba untuk mempunyai kreativitas dan mengikuti inovasi dari teknologi. Ini adalah inspirasi dari dulu, zaman dulu itu ada namanya layar tancap dan ini dimodifikasi dengan mobil sehingga menjadi bioskop keliling,” tutur Megawati dalam konferensi pers, Jumat (29/9/2023).

Baca Juga: PDIP Lebih Tertarik Khofifah Ketimbang Gibran Dampingi Ganjar

Megawati menyebut mobil bioskop ini akan mensosialisasikan aspirasi rakyat dan juga dapat digunakan oleh rakyat yang berkeinginan untuk memasukkan hal-hal yang ingin disosialisasikan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan, partainya punya 38 unit mobil keliling yang akan disebar ke seluruh Indonesia. Menjelang Pilpres 2024, mobil tersebut akan membawa informasi seputar PDIP dan Ganjar Pranowo.

Hasto mengatakan, mobil bioskop keliling ini mulai bergerak usai penyelenggaraan Rakernas yang digelar mulai 29 September sampai dengan 1 Oktober 2023. Dia menuturkan, mobil bioskop ini merupakan permintaan Megawati.

“Ibu (Megawati Soekarnoputri) melihat dulu dari koran, lihat dulu dari berita apa persoalan rakyat. Tiba-tiba ibu membaca tentang layar tancap. Wah, ternyata layar tancap ini masih diterima di daerah-daerah, maka memanggil saya,” tutur Hasto.

Hasil pengamatan Megawati itu kemudian muncul gagasan untuk membuat mobil bioskop keliling. “Dikatakan, ini kan layar tancap, ini kan bagus untuk sosialisasi tentang Pancasila, tentang kerakyatan, tentang pembelaan kita terhadap wong cilik, tentang stunting, ini kan bagus. Coba kamu buat,” lanjut Hasto menceritakan pertemuannya dengan Megawati.

Hasto menilai, Megawati memiliki kekuatan imajinasi dan ide dalam berbagai hal. Setelah mendengarkan permintaan dari Megawati, PDIP kemudian merancang untuk realisasinya. Hasto mengatakan, jajaran partai lalu menghubungi perusahaan karoseri untuk membuat truk atau mobil tersebut.

Baca Juga: Segera Diumumkan, Struktur TPN Ganjar Pranowo Representasi Indonesia

Lewat mobil bioskop keliling itu, menurut Hasto, masyarakat dapat menikmati tontonan film gratis yang bernilai edukasi dan juga menghibur, seperti dokumenter riwayat Presiden Pertama RI, Soekarno, dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Bisa juga menonton klip biografi ringkas Ganjar Pranowo, film "The Last Barongsai" besutan Rano Karno dan banyak suguhan film lain yang bakal diputar di mobil bioskop keliling milik PDIP ini. “Mobil bioskop ini akan bertugas masuk ke desa-desa, menemui warga di berbagai penjuru Indonesia,” ujar Hasto.

Tanggung jawab memproduksi serta melakukan kurasi atas konten di mobil bioskop keliling ini diserahkan pada sejarawan Bonnie Triyana, yang juga caleg DPR RI sebagai ketua armada bioskop keliling. (B)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga