PDIP-PKB Bakal Koalisi Usung Anton-Abbas di Pilkada Kolaka Utara 2024

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 13 Juli 2024
0 dilihat
PDIP-PKB Bakal Koalisi Usung Anton-Abbas di Pilkada Kolaka Utara 2024
Pasangan Anton-Abbas bakal kembali duet pada Pilkada 2024. Foto: Ist.

" Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal berkoalisi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Kolaka Utara tahun 2024 "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal berkoalisi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Kolaka Utara tahun 2024.

Kedua partai ini diisukan akan mengusung pasangan Anton-Abbas sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara yang dihelat 27 November 2024 mendatang.

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kolaka Utara, Muhammad Syair menuturkan, komunikasi terkait duet pasangan Anton-Abbas di Pilkada Kolaka Utara sudah hampir finish.

"Terkait pasangan ini Alhamdulillah sudah hampir finish, tinggal menunggu keputusan Dewan Pengurus Pusat (DPP)," terangnya melalui WhatsApp, Sabtu (13/7/2024).

Salah satu pertimbangan duetnya kedua politisi PDIP dan PKB ini, kata Syair, yakni adanya kesamaan visi misi antara H. Anton dan H. Abbas khususnya masa depan pembangunan di Kabupaten Kolaka Utara.

"Jadi konsep kedua tokoh ini sudah ketemu. Ternyata pengamatan DPP PDIP dan PKB terkait duet kedua tokoh ini, juga sudah hampir ketemu. Tinggal menunggu waktu sajalah," urainya.

Baca Juga: Dua Bapaslon Bupati Buton Maju Jalur Independen, Satu Bapaslon ini Dinyatakan Lolos

Selain kesamaan konsep, lanjut Chay, hasil survei menunjukkan potensi menang pada Pilkada Kolaka Utara jika kedua tokoh ini duet.

"Indikator-indikator beberapa hasil survei yang ada menunjukkan kalau pasangan ini duet akan mampu memenangkan pertarungan di Pilkada Kolaka Utara. Kalau tidak ada kendala, maka bulan ini kita akan deklarasi," tukasnya.

Meski demikian, Ketua Komisi I DPRD Kolaka Utara ini menyatakan jikalau keputusan DPP PKB menjadi penentu bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada Pilkada Kolaka Utara.

"Sebagai kader PKB insyaAllah kami semua siap menerima apapun keputusan DPP karena penentunya pengurus DPP. Apapun keputusan DPP PKB saya pikir semua kader wajib mentaati," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Kolaka Utara, Nasir Banna membenarkan kalau H. Anton telah mengantongi surat rekomendasi DPP PDIP sebagai Balon Bupati Kolaka Utara.

"Iya Pak H. Anton. Yang saya tau infonya sudah A1 dinda," jawabnya singkat melalui pesan WhatsApp.

Diketahui, duet Anton-Abbas ini bukan kali pertama. Sebelumnya kedua tokoh tersebut pernah berpasangan pada Pilkada tahun 2012 melawan petahana Rusda Mahmud-Boby Alimuddin dan pasangan Idrus Arasy-Syamsul Rijal.

Baca Juga: ABDIMU Abdul Halim-Musdar Siap Tarung di Pilkada Konawe Kepulauan

Pilkada saat itu dimenangkan pasangan Rusda-Boby (Syuhada) dengan raihan suara sah 50.979, Anton-Abbas (PAS) meraih 25.096 suara sementara Idrus-Syamsul hanya meraih 3.252 suara.

Duet Ketua Bidang Ekonomi Kreatif DPD PDIP Provinsi Sulawesi Tenggara dan Ketua DPC PKB Kolaka Utara ini mendapat jumlah dukungan di parlemen sebanyak 9 kursi dengan rincian 5 kursi PKB dan 4 kursi PDIP hasil pemilihan calon anggota legislatif tanggal 14 Februari 2024.

Jumlah dukungan pasangan balon bupati dan wakil bupati ini bisa saja bertambah mengingat saat ini Partai Golkar (1 kursi) dan PBB (1 kursi) belum mengeluarkan rekomendasi kepada bakal calon manapun. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga