Pedagang Kecil Tolak Keras Indomaret di Buton

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 14 September 2023
0 dilihat
Pedagang Kecil Tolak Keras Indomaret di Buton
Sejumlah massa aksi saat berunjuk rasa di kompleks perkantoran Takawa. Mereka menolak masuknya Indomaret di Kabupaten Buton. Foto: Ist.

" Para pedagang menolak keras keberadaan Indomaret di Kabupaten Buton, karena dianggap akan mematikan perekonomian masyarakat khususnya pedagang kecil "

BUTON, TELISIK.ID - Sejumlah pedagang menggelar aksi unjuk rasa (unras) di kompleks perkantoran Takawa dan dilanjutkan ke kantor DPRD Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Kamis (14/9/2023).

Dalam aksinya, para pedagang bersama Aliansi Pemantau Kebijakan Publik menolak keras keberadaan Indomaret di Kabupaten Buton, karena dianggap akan mematikan perekonomian masyarakat khususnya pedagang kecil.

Salah satu orator, La Koreo menegaskan menolak keras gerai Indomaret dan Alfamidi, karena akan mematikan para pelaku usaha kecil baik yang berada di pinggir jalan maupun di pasar tradisional.

Ia menambahkan, seharusnya pemerintah daerah berupaya bagaimana meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha di Kabupaten Buton, bukan melemahkan dengan memberi izin berdirinya gerai Indomaret dan Alfamidi.

Baca Juga: Pedagang di Buton Tolak Pembangunan Indomaret dan Alfamart

Orator lainnya Arwan Pandu juga mengatakan, Pemda Buton harusnya meningkatkan perekonomian masyarakat, bukan justru menimbulkan dampak negatif dengan hadirnya Indomaret.

Untuk itu, ia meminta kepada Kepala Dinas Perdagangan dan Perizinan agar mundur dari jabatannya karena dianggap tidak memberikan kontribusi kepada masyarakat dan daerah Kabupaten Buton.

Baca Juga: Pemda Konawe Bakal Hentikan Izin Alfamidi dan Indomaret

“Saya tekankan kepada Kepala Dinas Perdagangan khususnya Perizinan ketika tidak mampu memberikan kontribusi, maka lebih baik mundur dari jabatannya,” tegasnya.

Massa aksi berharap agar Pemda lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan, dan mempertimbangkan nasib rakyat kecil. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga