Pekerja Migran Asal Jawa Timur di Hongkong Sering jadi Korban Penipuan dan Pemerasan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 15 Mei 2023
0 dilihat
Pekerja Migran Asal Jawa Timur di Hongkong Sering jadi Korban Penipuan dan Pemerasan
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membeberkan kalau PMI asal Jawa Timur di Hongkong sering menjadi korban penipuan dan pemerasan di Hongkong. Foto: Ist.

" Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan jika pekerja migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur yang bekerja di Hongkong selalu menjadi korban ancaman penipuan dan pemerasan "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan jika pekerja migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur  yang bekerja di Hongkong selalu menjadi korban ancaman penipuan dan pemerasan.

“Beberapa waktu lalu ada kasus penipuan atau pemerasan yang dilakukan seseorang kepada para PMI kita, baik di Hongkong ataupun di Macao. Pelakunya sudah ditangkap. Kasus ini jadi pembelajaran bagi kita agar jangan mudah tergoda bujuk rayu yang menawarkan janji-janji manis,” katanya, Senin (15/5/2023).

Untuk itu, Khofifah yang juga Ketua Umum  PP Muslimat NU ini mendoakan agar para PMI yang ada di Hongkong senantiasa diberikan kekuatan, kesabaran dan perlindungan dalam bekerja mencari nafkah untuk keluarganya.

Baca Juga: Rusak 32 Tahun, Ratusan Warga Lalembuu Minta Jokowi Ambil Alih Pengaspalan Jalan Provinsi Jalur Konawe Selatan-Kolaka Timur

“Kami berharap semua diparingi kekuatan, diparingi ketahanan ekonomi, sosial, psikologis, dan keagamaan dalam menjalankan pekerjaan selama di Hongkong ini. Mudah-mudahan Allah paringi kesejahteraan, keberkahan, kerahmatan dan kebahagiaan lahir batin untuk njenengan dan juga keluarga yang ada di tanah air,” kata mantan Mensos itu.

Sedangkan Konsul Muda Penerangan, Sosial, Budaya KJRI Hongkong, Yogi Aryani mengatakan, Konsul Jenderal RI di Hongkong terus melakukan pembinaan dan perlindungan bagi WNI khususnya PMI yang ada di Hongkong dan Macao.

Baca Juga: Tagih Janji Ali Mazi, Ratusan Masyarakat Konawe Selatan Ancam Blokir Jalan Provinsi Sepanjang 25 Km

Untuk itu, Konsul Jenderal RI di Hongkong akan selalu memberikan dukungan kepada komunitas di Hong Kong dan Macao yang bersifat positif dan mendukung persatuan dan kesatuan

“Kami sekali lagi menyampaikan dukungan dari Konsul Jenderal RI di Hongkong kepada PCI Muslimat NU di Hongkong-Macao. Apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang datang ke Hongkong dan Macao untuk bekerja di sektor domestik. Dan sebagian besar perempuan. Jadi kegiatan Muslimat NU ini sangat positif,” katanya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga