Pelatih Jerman Nagelsmann Dihantui Ketakutan Jelang Duel dengan Swiss

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 23 Juni 2024
0 dilihat
Pelatih Jerman Nagelsmann Dihantui Ketakutan Jelang Duel dengan Swiss
Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, mengeluhkan rumput Stadion Frankfurt sehari jelang duel timnya dengan Swiss, Sabtu waktu setempat atau Minggu (23/6/2024) pagi WIB. Foto: euro.com

" Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, dihantui kecemasan dan kekhawatiran cedera serius pemainnya jelang laga panas dengan Swiss di Frankfurt Arena, Senin (24/6/2024) dinihari pukul 02:00 WIB "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, dihantui kecemasan dan kekhawatiran cedera serius pemainnya jelang laga panas dengan Swiss di Frankfurt Arena, Senin (24/6/2024) dinihari pukul 02:00 WIB.

Nagelsmann menilai rumput licin yang digunakan di Frankfurt Arena sangat membahayakan para pemain, khususnya risiko cedera ACL. Rumput tersebut dipasang beberapa bulan lalu setelah pertandingan NFL.

Cedera ACL (anterior cruciate ligaments) adalah salah satu gangguan muskuloskeletal yang terjadi pada ligamen cruciate anterior di lutut yang meregang berlebihan atau bahkan robek.

Baca Juga: Swiss Usung Misi Permalukan Jerman di Laga Penutup Grup A Euro 2024

Lapangan Waldstadion di Frankfurt yang diguyur hujan terpotong parah dalam dua pertandingan sebelumnya di Euro 2024. Dua pertandingan tersebut yakni saat kekalahan 1-0 Belgia dari Slovakia kemudian hasil imbang 1-1 antara Inggris dan Denmark yang bermain di bawah atap tertutup.

“Saya tidak khawatir tentang aspek sepakbola, lebih banyak tentang bahaya cedera pada para pemain,” ujar Nagelsmann seperti dikutip dari Reuters, Minggu (23/6/2024).

Nagelsmann menyebut pemain Inggris, Jude Bellingham, memiliki masalah dan berisiko cedera serius usai bersama timnya berhadapan Denmark di Frankfurt Arena.

“Jika Anda tergelincir, Anda benar-benar berisiko cedera. Saya juga memperhatikan gelandang Inggris, Declan Rice, juga tergelincir dan ada beberapa situasi yang sangat berisiko,” tuturnya.

Ini bukan kekhawatiran baru bagi Nagelsmann tentang lapangan rumput yang menggantikan permukaan hibrida yang dibawa untuk dua pertandingan NFL tujuh bulan lalu. Di Frankfurt, Kansas City Chiefs mengalahkan Miami Dolphins satu minggu sebelum Indianapolis Colts mengalahkan New England Patriots.

Turf kemudian dipulihkan untuk pertandingan Eintracht Frankfurt menjelang musim dingin. Stadion ini juga menjadi tuan rumah bagi Timnas Jerman pada Maret 2024 saat menang 2-1 dalam pertandingan persahabatan melawan Belanda.

Malam itu, Nagelsmann menyebut permukaan rumput stadion sebagai ‘bencana’. “Hari ini belum banyak membaik. Ini situasi yang agak rumit,” kritik Nagelsmann.

Pelatih Timnas Swiss, Murat Yakin, membuat lelucon tentang masalah ini ketika ditanya, karena para pemainnya juga memiliki masalah rumput di markas pelatihan turnamen mereka di Stuttgart. Keluhan terhadap kondisi rumput resmi dilaporkan ke UEFA sehingga lapangan baru dibenahi Minggu ini.

Baca Juga: Venezuela dan Meksiko Bersaing di Grup B Copa America 2024

“Anda perhatikan kami telah berlatih selama seminggu di lapangan latihan yang mengerikan dan itu bisa bermanfaat bagi kami,” sindir Yakin, sehari jelang duel timnya dengan Jerman.

Stadion Frankfurt belum setengah jalan dari lima pertandingan Euro 2024 yang digelar di stadion ini. Lima pertandingan yang diadakan di Stadion Frankfurt adalah Belgia vs Slovakia (17/6/2024),  Denmark vs Inggris (20/6/2024), Swiss vs Jerman (23/6/2024), Slovakia vs Rumania (26/6/2024), dan babak 16 besar (1/7/2024) yang kemungkinan digunakan Portugal.

UEFA memiliki persediaan lapangan rumput sebagai cadangan, biasanya di Belanda, dan telah memasang lapangan pengganti di pertengahan turnamen di Lille, Prancis, pada 2016 dan Basel, Swiss, pada 2008. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga