adplus-dvertising

Pemasukan Kas Pariwisata Buteng 6 Kali Lipat Saat Libur Akhir Tahun

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 13 Januari 2021
828 dilihat
Pemasukan Kas Pariwisata Buteng 6 Kali Lipat Saat Libur Akhir Tahun
Pantai Mutiara di Buteng. Foto: Ist.

" Kita mulai tutup tanggal 31 Desember 2020 hingga tanggal 1 Januari 2021, kemudian tanggal 2 dan 3 dibuka kembali. Pada hari Sabtunya kita ada pemasukan bisa sampai tiga kali lipat dari hari-hari biasa. Sementara di hari Minggunya itu enam kali lipat dibanding hari biasa. Kalau di hari biasa itu bisa kisaran Rp 4 Juta, tapi di tanggal 2 itu hingga Rp 10 Juta per hari dan tanggal 3 ada Rp 18 Juta lebih. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID -  Pendapatan kas daerah, khususnya di sektor pariwisata di Buton Tengah (Buteng) saat memasuki libur akhir tahun 2020 malah naik hingga enam kali lipat dibandingkan hari biasa.

Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin mengatakan, tempat wisata yang ada di Buteng sebelumnya di tutup dari tanggal 31 Desember 2020 sampai tanggal 1 januari 2021 dengan pertimbangan menghambat penyebaran wabah COVID-19. Sedangkan mulai dibuka lagi mulai tanggal 2 dan 3 Januari 2021.

"Kita mulai tutup tanggal 31 Desember 2020 hingga tanggal 1 Januari 2021, kemudian tanggal 2 dan 3 dibuka kembali. Pada hari Sabtunya kita ada pemasukan bisa sampai tiga kali lipat dari hari-hari biasa. Sementara di hari Minggunya itu enam kali lipat dibanding hari biasa. Kalau di hari biasa itu bisa kisaran Rp 4 Juta, tapi di tanggal 2 itu hingga Rp 10 Juta per hari dan tanggal 3 ada Rp 18 Juta lebih," ungkapnya, Rabu (13/1/2020).


Ia menambahkan, terkait pengembangan wisata, kini di Pantai Mutiara itu sekarang ada Danau Anano Tei, di tahun ini kita akan integrasikan agar terhubung antara Pantai Mutiara dan Danau Anano Tei.

Baca juga: Keterbatasan Tempat, Separuh Vaksin COVID-19 Didistribusikan ke Surabaya Raya

"Selama ini pengunjung kalau ke Pantai Mutiara tidak liat dimana Danau Anano Tei dan melihat pengunjung di hari Minggu itu cukup membludak, sehingga lahan parkir itu kurang, makanya pengunjung mengunakan area jalan untuk parkir kendaraan. Melihat hal itu maka akan direncanakan area parkir di Pantai Mutiara akan ditambah," ujarnya.

Kata dia, sampai saat ini tempat wisata yang masi menjadi incaran pengunjung itu masih Pantai Mutiara dan Danau Anano Tei. Ke depan, pihaknya akan kembangkan lagi wisata gua seperti Gua Laimehe yang terletak di Mawasangka Timur.

Ia juga berpesan, pada dasarnya pariwisata ini adalah sistemnya lintas sektor, sebab ada kaitannya dengan sektor-sektor lainnya. Misalnya di Dinas PU untuk mendukung sarana-sarana transportasi menuju ke tempat-tempat wisata, kemudian dari Dinas Perhubungan juga mungkin bisa dari segi akses pengunjung, karena pengunjung bukan hanya bisa melalui darat akan tetapi bisa juga melalui akses laut agar itu dapat terpenuhi. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga