Pembakar Cafe Duku Indah Dilapor Polisi, Pelaku Diburu

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 27 September 2022
0 dilihat
Pembakar Cafe Duku Indah Dilapor Polisi, Pelaku Diburu
Tim kuasa hukum CDI seusai membuat laporan pengaduan ke Mapolda Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Cafe Duku Indah (CDI) yang berada di Dusun V, Desa Namorube Julu, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli serdang dibakar "

MEDAN, TELISIK.ID - Cafe Duku Indah (CDI) yang berada di Dusun V, Desa Namorube Julu, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli serdang dibakar. Akibatnya, pihak pengelola membuat laporan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sumatera Utara, Selasa (27/9/2022).

Kepolisian yang menangani perkara ini juga didesak untuk segera menangkap pelaku yang sudah diketahui identitasnya. Bahkan pelapor telah memberikan bukti petunjuk CCTV kepada pihak kepolisian.

"Harapan kita pelaku dapat segera ditangkap. Kita sudah menyerahkan bukti rekaman CCTV, biar pihak kepolisian yang menganalisa pelakunya," ujar Ranto Sibarani selaku kuasa hukum CDI.

Baca Juga: Terduga Pelaku Pencabulan di Tapanuli Selatan Ditahan, Keluarga Korban Ucap Syukur

Ranto Sibarani mengaku, kedatangannya ke Polda Sumatera Utara sebagai pelapor kasus pembakaran CDI dengan Nomor: STTLP/B/1757/IX/2022/SPKT/Polda Sumatera Utara, tertanggal 27 September 2022.

Dalam laporan itu, kepolisian menerapkan Pasal 187 KUHPidana terhadap pelaku yang diduga empat orang atau lebih.

"Kalau kerugian materi dari 7 bangunan yang dibakar itu sekitar Rp 1 miliar. Untuk itulah, kami minta kepada petugas kepolisian untuk menangkap pelaku," tuturnya.

Dia memastikan, selain materi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa pembakaran tersebut karena saat itu sedang tidak beroperasi. Pelaku yang diduga kawanan preman itu melakukan aksinya diawali dengan penembakan menggunakan senjata rakitan.

"Sebelum melakukan pembakaran, para pelaku terlebih dahulu menembaki tempat-tempat karyawan tidur. Tidak ada korban jiwa, karena saat itu kafe sedang tutup," pungkasnya.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi menanggapi laporan kasus pembakaran CDI itu menyatakan, akan ditindaklanjuti.

Dia mengaku, pihaknya sudah menerima laporan kasus pembakaran CDI dan akan diproses.

"Setiap masyarakat yang melapor, tentunya akan kita tindak lanjuti. Polrestabes Medan juga sudah mendatangi Tempat Kejadian Perkara. Untuk perkembangan kasusnya, coba komunikasi ke Polrestabes Medan," terangnya.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polrestabes Medan, Kompol Teuku Fathir mengatakan, telah menindaklanjuti adanya kasus pembakaran Cafe Duku Indah itu. Penyelidikan yang dilakukan, diduga cafe itu dibakar oleh sekelompok orang.

Baca Juga: Warga Kota Medan Ini Dikeroyok 2 Pemuda, Ngadu ke Polisi

"Setelah peristiwa itu, kita langsung melakukan pengecekan dan menggeledah rumah orang yang dicurigai," kata Fathir.

Namun, Fathir belum mau menyebutkan identitas orang yang dicurigai itu. Sebab, proses masih dalam penyelidikan. Cafe itu diduga dibakar orang tak dikenal Senin, 25 September 2022 dini hari.

"Kami selidiki, ada lebih dari satu orang yang dicurigai. Kami akan terus kembangkan kasus ini," ungkapnya. (A)

 

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

Baca Juga