Pemda Bombana Tingkatkan Potensi Pariwisata Poleang Barat

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Jumat, 28 Juni 2024
0 dilihat
Pemda Bombana Tingkatkan Potensi Pariwisata Poleang Barat
Pembukaan seminar akhir penyusunan perencanaan kawasan wisata Ranokomea Poleang Barat. Foto: Melsandy Wauda/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Bombana menggelar seminar akhir penyusunan masterplan kawasan wisata terpadu Ranokomea Kecamatan Poleang Barat bertempat di Aula Bappeda, pada Jumat (28/6/2024) "

BOMBANA, TELISIK.ID - Dalam rangka pembangunan perekonomian, Pemerintah Kabupaten Bombana menggelar seminar akhir penyusunan masterplan kawasan wisata terpadu Ranokomea Kecamatan Poleang Barat bertempat di Aula Bappeda pada Jumat (28/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Pemda Bombana dan jajarannya, OPD lingkup Kabupaten Bombana, Ketua Tim Peneliti Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan (P-P2Par) dan rombongan beserta Camat Poleang Barat dan tamu undangan.

Melalui Dinas Pariwisata, Pemda Bombana meningkatkan perluasan kesempatan kerja, pemerataan pendapatan peningkatan taraf hidup masyarakat dengan tetap memelihara lingkungan dan kelestarian alam.

Kegiatan seminar tersebut dibuka oleh perwakilan pemerintah yakni Pelaksana Asisten I Bidang Administrasi, Rustam.

"Kabupaten Bombana memiliki potensi pariwisata yang besar, beragam dan unik yang tersebar di berbagai wilayah," ungkap Plt Asisten I, Rustam.

Baca Juga: Pemda Bombana Ikut Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada 2024

Dalam sambutannya mewakili Pemda Bombana, Rustam mengatakan, destinasi wisata seperti Laponu-ponu, Pulau Kondo, dan Pantai Karang Ampat adalah lokasi yang strategis karena terletak di jalan poros Bombana-Kolaka yang merupakan lintas perekonomian.

Kepala Dinas Pariwisata, Anisa Sri Prihatin mengatakan, seminar ini diadakan untuk mendorong perkembangan dan meningkatkan kualitas kawasan wisata Ranokomea yang terpadu, terkonsep dan terencana dengan baik.

Kegiatan ini diadakan untuk mengkaji posisi dan arahan kebijakan pembangunan kawasan pariwisata, mengidentifikasi potensi permasalahan pembangunan, merumuskan strategi, perincian area prioritas pembangunan kawasan wisata baik Pulau Kondo dan Danau Laponu-ponu.

Baca Juga: Pemda Bombana Mulai Susun Rencana Pembangunan 5 Tahun ke Depan

"Dengan begitu, Kawasan Pariwisata Ranokomea mempunyai daya saing yang tinggi karena dikelola dengan profesional dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar khususnya Kabupaten Bombana dan Sulawesi Tenggara," tutur Kadis Pariwisata.

Kawasan wisata tersebut menyajikan pemandangan alam laut dan pantai serta lingkungan alam yang indah, memiliki nilai seni, dan budaya yang beragam.

"Selain itu, kawasan wisata Pulau Kondo dan Danau Laponu-ponu merupakan salah satu ikon atau simbol dan landmark Kabupaten Bombana," tandasnya. (B-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga