Pemda Buton Sentil UMKM Pangan Jaga Kebersihan Makanan

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 05 April 2024
0 dilihat
Pemda Buton Sentil UMKM Pangan Jaga Kebersihan Makanan
Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin minta UMKM pangan jaga kualitas makanan. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton minta pelaku UMKM di bidang pangan agar dapat menjaga kualitas pangannya, sehingga aman untuk dikonsumsi "

BUTON, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton minta pelaku UMKM di bidang pangan agar dapat menjaga kualitas pangannya, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Permintaan tersebut disampaikan untuk pelaku UMKM, khususnya restoran/rumah makan, kantin sekolah dan pedagang makanan di sekitar sekolah dan komoditi pangan di lingkungan pasar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin mengatakan, Kabupaten Buton merupakan daerah yang sedang berkembang dan diikuti pertumbuhan UMKM termasuk yang bergerak di bidang pangan.

Baca Juga: Polres Buton Pantau Kecurangan BBM Jelang Mudik Lebaran

"Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Buton sangat bangga menyambut program Badan POM ini, yakni Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan Terpadu," ungkap Sekda, Jum'at (5/4/2024).

Ia mennilak, program ini didukung penuh Pemda Kabupaten Buton dan Badan POM dapat bersinergi menjalankan program ini dengan baik.

Keamanan pangan sangat penting bagi peningkatan perekonomian secara menyeluruh. Pembangunan keamanan pangan harus dimulai dari individu, keluarga hingga masyarakat.

“Oleh karena itu, jika ada permasalahan mengenai keamanan pangan maka harus segera ditanggulangi agar tidak berdampak luas pada kesehatan masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Stok BBM di Pasarwajo Buton Aman hingga Lebaran

Masyarakat Kabupaten Buton, terkhusus para pelaku UMKM juga mendukung penuh program ini.

Salah satu pelaku UMKM, Rahma mengaku dengan ada Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan Terpadu dari Badan POM ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dan kehigienisan produk yang mereka tawarkan, terutama di bidang pangan.

"Saya sebagai pelaku UMKM, mendukung program ini. Usaha saya di bidang kuliner rumahan, usaha Empek-Empek, saya pasarkan melalui media sosial, dan ada warung kecil diteras rumah. Jika usaha saya sudah terverifikasi Badan POM itu sangat berdampak baik pada usaha saya ini," kata Rahma. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

 * BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga