Pemda Kolaka Timur Gelar Seleksi Terbuka 11 Jabatan Eselon Dua

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 20 Februari 2024
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Gelar Seleksi Terbuka 11 Jabatan Eselon Dua
Pemda Kolaka Timur bekerja sama dengan Polda Sulawesi Tenggara melaksanakan uji kompetensi seleksi 11 JPTP. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemda Kolaka Timur menggelar uji kompetensi seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama melalui Assessment Center Polri, di Hotel Kubah 9 Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemda Kolaka Timur menggelar uji kompetensi seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon dua) melalui Assessment Center Kepolisian Republik Indonesia, di Hotel Kubah 9, Selasa (20/2/2024).

Pelaksanaan uji kompetensi melalui seleksi terbuka JPTP lingkup Pemda Kolaka Timur menjadi yang pertama kali dilaksanakan yang bekerja sama melalui lembaga Assessment Polri yang terakreditasi A oleh Badan Kepegawaian Nasional.

Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi melalui Assessment Center Polri, berfungsi melindungi ASN dari perlakuan diskriminatif, ataupun primordialisme birokrasi seperti senioritas, juga berfungi membangun optimisme ASN akan masa depan kariernya secara jelas.

"Sehingga seleksi terbuka ini perlu disikapi dengan ASN di era reformasi dan otonomi daerah yang memiliki kompetensi memadai dan sesuai dengan tuntutan tugas," jelasnya.

Azis menambahkan, melalui uji kompetensi ini sebagai dasar pengangkatan pejabat sesuai dengan kompetensi jabatan yang diperlukan, juga dapat digunakan sebagai dasar dalam penempatan pejabat pimpinan tinggi pratama yang sesuai dengan kompetensi jabatan yang diperlukan.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Segera Lakukan Lelang Jabatan Eselon II

Azis mengingatkan, Pemda Kolaka Timur membutuhkan pejabat pimpinan tinggi pratama yang mampu menjawab tantangan pembangunan ke depan yang akan semakin berat.

"Saya berharap melalui seleksi terbuka ini akan menghasilkan kualitas terbaik dari yang terbaik sebagai calon pejabat pimpinan tinggi pratama di Kabupaten Kolaka Timur," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TIM Asesor Mabes Polri Kombes Pol Indra Setiawan mengatakan, seleksi JPTP mengacu pada Permenpan RB dimana terdapat 9 uji kompetensi yang akan diujikan.

Ia menambahkan, dalam uji kompetensi ini, pihaknya telah mencoba membuat sebuah simulasi berkenaan dengan kegiatan setiap hari dalam sebuah jabatan.

"Apabila teman-teman sudah biasa melakukan kegiatan itu saya yakin tidak ada masalah dalam menjawab sebuah soal," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Sulawesi Tenggara melalui Karo SDM Polda Sulawesi Tenggara Kombes Pol Danang Benny mengatakan, pelaksanaan assessment center Pemkab Kolaka Timur menjadi yang pertama kali yang dilaksanakan di Polda Sulawesi Tenggara.

Kombes Pol Danang Benny mengapresiasi Pemda Kolaka Timur yang melaksanakan assessment dalam pengisian JPTP dengan menggunakan fasilitas assessment center Polri pada Polda Sulawesi Tenggara.

Ia menambahkan, Assessment Center adalah suatu metode penilaian yang terstandar, guna menilai dan mengukur potensi serta prediksi keberhasilan seseorang dalam suatu jabatan melalui beberapa simulasi, atau alat ukur multi tools berdasarkan kompetensi jabatan yang dilakukan oleh beberapa asesor.

Baca Juga: Tiga Plt Ditunjuk Isi Jabatan Eselon Dua yang Kosong

Ia menjelaskan, pelaksanaan proses seleksi akan berjalan secara independen sehingga dapat menghasilkan para pejabat tinggi pratama yang mampu melaksanakan tugas dalam satuan kerja.

Diketahui, dalam seleksi terbuka JPTP lingkup Pemda Kolaka Timur, terdapat 11 jabatan yang akan diisi, dengan 50 peserta yang akan mengikuti seleksi tersebut.

Adapun 11 jabatan tersebut adalah Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga