Pemda Konawe Bantu Rekrut Ribuan Tenaga Kerja Lokal di Perusahaan Tambang

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Kamis, 02 Juli 2020
0 dilihat
Pemda Konawe Bantu Rekrut Ribuan Tenaga Kerja Lokal di Perusahaan Tambang
Wakil bupati Konawe Gusli Topan Sabara bersama Manager Operasional perusahaan Mr Yin saat memberikan pernyataan kepada awak media di kantor PT. VDNI. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Jadi, drafnya sudah siap tinggal kita menandatangani MoU tersebut. Dan selanjutnya poin-poinnya akan kita umumkan nanti. "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Konawe mengaku akan menangani perekrutan tenaga kerja lokal yang akan bekerja di perusahaan tambang di Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe.

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara dalam pertemuannya dengan manager operasional perusahaan tambang itu menjelaskan bahwa, pemerintah daerah Konawe pada tanggal 6 Juli 2020 nanti akan ditandatangani nota kesepahaman atau MoU  terkait perekrutan 3000-4000 tenaga kerja lokal.

"Jadi, drafnya sudah siap tinggal kita menandatangani MoU tersebut. Dan selanjutnya poin-poinnya akan kita umumkan nanti," ungkap Gusli, Kamis (02/07/2020).

Lanjut Gusli, pihaknya akan membagi perekrutan dalam tujuh klaster yakni klaster pertama, tiga kecamatan terdekat, klaster kedua, sembilan kecamatan, klaster ketiga 18 kecamatan, klaster keempat seluruh wilayah kabupaten daratan di luar Konawe, klaster kelima, Sultra kepulauan, klaster keenam seluruh Sulawesi, dan klaster ketujuh seluruh wilayah NKRI.

Baca juga: Nur Aimin, Pengunjung Pertama Prambanan DIY

"Kita minta juga perusahaan untuk kualifikasi dan kebutuhan perusahaan serta batas usia tenaga kerja yang akan masuk nantinya. Dan juga akan dibagi dalam dua kelompok, tenaga skil dan nonskil," jelasnya.

Di tempat yang sama Mr Yin Manager Operasional perusahaan menyebut sangat menyambut baik kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe.

"Dalam upaya kami memperbaiki sistem perekrutan tenaga kerja lokal, kami sangat senang dengan pemerintah daerah ikut membantu," imbuhnya.

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga