Pemda Konsel Komitmen Pertanian Jadi Andalan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Minggu, 16 Agustus 2020
0 dilihat
Pemda Konsel Komitmen Pertanian Jadi Andalan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (baju putih) saat panen raya di Desa Jati Bali, Kecamatan Ranomeeto Barat, Konsel. Foto: Ist.

" Saya akan terus mendorong sektor pertanian karena telah terbukti sektor pertanian berkontribusi paling tinggi, dalam menyelamatkan pertumbuhan ekonomi kita selama masa pandemi ini. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pemda Konawe Selatan (Konsel) berkomitmen mengembangkan sektor pertanian karena menjadi andalan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menyatakan, pihaknya akan terus mendorong sektor pertanian agar lebih besar lagi demi menyelamatkan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya usai melakukan panen raya Padi sawah di Desa Jati Bali, Kecamatan Ranomeeto Barat, pada Sabtu (15/8/2020) kemarin.

"Saya akan terus mendorong sektor pertanian karena telah terbukti sektor pertanian berkontribusi paling tinggi, dalam menyelamatkan pertumbuhan ekonomi kita selama masa pandemi ini," ungkap Surunuddin.

Surunuddin juga meminta para petani sebagai ujung tombak dari sektor pertanian tersebut untuk tetap semangat dalam menjalankan aktivitas profesinya.

Baca juga: Peringatan 17 Agustus di Muna, Merah Putih Dikibarkan di Dasar Laut dan Bersepeda 17 Km

"Pemda Konsel dengan Dinas Pertanian sebagai Leading Sector akan selalu mensupport apa yang menjadi kendala para petani di lapangan," kata Surunuddin.

Selain itu, Surunuddin nantinya akan memberikan bantuan berupa alat mekanisme pertanian yang lebih modern dalam mendukung produktivitas para petani selain juga pupuk dan peningkatan infrastruktur pertanian seperti jalan usaha tani.

“Artinya, ke depan Pemda akan lebih fokus kepada pertumbuhan ekonomi dengan cara mengandalkan pertanian untuk menggerakkan ekonomi masyarakat dan membuat kebijakan untuk membuka ruang sektor pertanian dalam arti luas untuk terus tumbuh dan bergerak,” papar Surunuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Konsel, Hidayatullah mengatakan, pada panen raya di Desa Jati Bali tersebut tercatat sekitar 236 hektar areal sawah yang panen dengan produktivitas 5.1 ton gabah kering panen setiap hektarnya.

"Varietas padi yang dominan di daerah ini Ciherang," ujar Hidayatullah.

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Kardin

Baca Juga