Pemda Muna Barat Kembali Salurkan BLT APBD Bagi Masyarakat Kelurahan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 19 September 2023
0 dilihat
Pemda Muna Barat Kembali Salurkan BLT APBD Bagi Masyarakat Kelurahan
Penyerahan BLT APBD bagi masyarakat di Kelurahan Tiworo dan Kelurahan Waumere. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Guna mengatasi kemiskinan secara merata, Pemda Muna Barat kembali salurkan BLT APBD layaknya BLT DD bagi lima kelurahan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Guna mengatasi kemiskinan secara merata, Pemda Muna Barat kembali salurkan BLT APBD layaknya BLT DD bagi lima kelurahan.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, BLT APBD merupakan wujud kehadiran Pemda Muna Barat dalam rangka mengatasi kemiskinan ekstrem, berdasarkan data angka kemiskinan di Muna Barat saat ini mencapai 13,86 persen atau 11.560 orang, dari 13,86 persen terdapat 3,89 persen kategori miskin ekstrem.

Sesuai Instruksi Presiden RI dalam mengatasi miskin dan kemiskinan ekstrem untuk melakukan tiga strategi, yaitu mengurangi beban pengeluaran masyarakat, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengurangi kantong-kantong kemiskinan.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Serahkan Mobil Dinas untuk Bawaslu

Maka dalam konteks mengurangi beban pengeluaran masyarakat, pemda hadir dengan empat program yaitu pendidikan gratis, program kesehatan gratis, seluruh masyarakat miskin terdaftar sebagai pekerja rentan, dan hadirkan BLT APBD yang diberikan kepada masyarakat miskin yang ada di kelurahan.

"Kalau di desa ada BLT DD, maka pemda juga menyiapkan untuk masyarakat di kelurahan dengan BLT APBD, ini sudah dimulai sejak saya jadi Pj, sejak perubahan APBD 2022," ungkap Bahri, Selasa (19/9/2023).

BLT APBD ini murni berasal dari APBD untuk masyarakat kelurahan, sehingga Pemda Muna Barat memberikan perlakuan yang sama kepada masyarakat dan sekaligus mengurangi kantong kemiskinan.

Pembagian BLT APBD ini diperuntukkan oleh lima kelurahan yang ada di Muna Barat, masyarakat menerima bantuan layaknya BLT DD yaitu sebesar Rp 300 ribu per bulan selama setahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Muna Barat, La Ode Tibolo mengatakan, penerima BLT APBD ini diperuntukkan oleh masyarakat miskin yang ada di lima kelurahan, yang mana sebelumnya telah disalurkan di dua kelurahan yang ada di Kecamatan Lawa yakni di Lapadaku dan Wamelai.

Baca Juga: Pj Bupati Imbau KPU Muna Barat Tak Buru-Buru Soal Anggaran Pilkada

Saat ini pihaknya menyerahkan bantuan tersebut untuk wilayah Kecamatan Tikep yaitu Kelurahan Tiworo dan Kelurahan Waulai, serta di Kelurahan Konawe, Kecamatan Kusambi, untuk total penerima BLT APBD di Tikep berjumlah 177 orang.

"177 itu terdiri dari 107 orang masyarakat Kelurahan Waumere dan 70 orang masyarakat Kelurahan Tiworo," ucapnya.

Selanjutnya, Camat Tiworo Kepulauan, La Ode Abdul Muin mengatakan, penerimaan BLT APBD ini diserahkan non tunai, berbeda dengan penyaluran BLT APBD sebelumnya, sebab penerima bantuan telah dikirimkan ke rekening masing-masing, maka untuk proses pencairan masyarakat berurusan langsung dengan pihak bank dan Dinas Sosial.

"Penerimaan BLT saat ini terhitung enam bulan yakni dari April hingga September," pungkasnya. (A-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga