Pemenuhan Data Dukung, Tim Monev Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sambangi Rutan Kelas IIB Unaaha

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
Pemenuhan Data Dukung, Tim Monev Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sambangi Rutan Kelas IIB Unaaha
Kunjungan ini dilakukan untuk mengecek kelengkapan Data Dukung Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT RB) yang diunggah dalam aplikasi E-RB. Foto: Ist.

" Dalam rangka memastikan kelengkapan data dukung Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT RB), Tim Monev Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara melakukan kunjungan ke Rutan Kelas IIB Unaaha "

KONAWE, TELISIK.ID - Dalam rangka memastikan kelengkapan data dukung Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT RB), Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara melakukan kunjungan ke Rutan Kelas IIB Unaaha, Senin (22/11/2023).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengecek keseluruhan data yang diunggah dalam aplikasi E-RB sebagai bagian dari upaya peningkatan nilai Reformasi Birokrasi di Kementerian Hukum dan HAM RI. Tim Monev secara cermat memeriksa kemajuan pengunggahan data, memberikan catatan tentang kelayakan dokumen, dan mengevaluasi capaian kinerja pada aplikasi e-performance.

Kepala Rutan Unaaha, Hery Kusbandono, menyambut baik kunjungan Tim Monev. Ia berterima kasih kepada Tim Monev dari Kantor Wilayah yang berkunjung ke Rutan Unaaha, dalam rangka perbaikan data RKT RB dan penginputan capaian kinerja pada aplikasi E-performance.

Tim Monev memberikan masukan dan saran terkait data dukung RKT RB yang belum tercapai, mengajukan tindak lanjut untuk pemenuhan data RKT RB General B12. Proses ini menjadi langkah strategis dalam memastikan keseluruhan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga: Jelang Tahun Politik, Kabid HAM Kemenkumham Sulawesi Tenggara Imbau Jaga Kondusifitas dan Netralitas ASN

Sebagai tambahan informasi, melansir erb.kemenkumham.go.id,  Reformasi Birokrasi merupakan tulang punggung kemajuan suatu negara. Pemerintah RI telah menetapkan Grand Design Reformasi Birokrasi 2010–2025 dan Road Map Reformasi Birokrasi 2015–2019, dengan delapan area perubahan termasuk Manajemen Perubahan, Penataan Sistem Manajemen SDM, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Supervisi pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kementerian Hukum dan HAM mencakup Unit Eselon I dan Kantor Wilayah. Kegiatan ini dilakukan untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance), dengan penilaian mandiri yang dilaksanakan pada tanggal 13–15 Februari 2019 di Bandara Internasional Hotel.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Ingatkan Jaga Integritas

Hal ini menjadi kunci untuk mencapai target nilai Reformasi Birokrasi yang telah ditetapkan, memastikan peningkatan kualitas pelayanan publik dan akuntabilitas kinerja di Kementerian Hukum dan HAM.

Sebagai bagian dari proses ini, koordinasi yang efektif di tingkat Unit Eselon I dan Kantor Wilayah menjadi esensial untuk memenuhi indeks nilai Reformasi Birokrasi. Inisiatif ini mencerminkan komitmen penuh pemerintah dalam mencapai tujuan reformasi birokrasi, yang menjadi landasan bagi kemajuan bangsa. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga