Pemerintah Mau Impor Beras Saat Stok Pangan Bulog Menumpuk dan Petani Panen Raya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 22 Maret 2021
0 dilihat
Pemerintah Mau Impor Beras Saat Stok Pangan Bulog Menumpuk dan Petani Panen Raya
Ilustrasi beras bulog. Foto: Repro Antara

" Standarnya 5.000 ribu ton itu bisa untuk kebutuhan lima bulan ke depan. Jadi untuk setahun lebih masih cukup ini. Kalau kami jawab (perlu impor atau tidak) ya tidak perlu impor. "

PEKALONGAN, TELISIK.ID - Pemerintah berencana mengimpor beras sebanyak 1 juta ton pada tahun ini. Padahal, petani sedang panen raya dan stok beras di gudang Bulog masih menumpuk.

Kepala Bulog Cabang Pekalongan Heriswan mengatakan, stok beras yang ada di enam gudang Bulog di wilayah eks Karesidenan Pekalongan mencapai 18.000 ton. 

Jumlah itu merupakan hasil penyerapan beras dari petani sebanyak 7.000 ton pada panen raya tahun ini, dan stok yang disimpan sejak 2018, termasuk beras impor dari Vietnam dan India sebanyak 2.000 ton.

"Dulu Bulog setiap bulan ada pasar melalui penyaluran raskin, sekarang ganti BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), Bulog gak ikut, akhirnya menumpuk," ujar Heriswan, dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id, Senin (22/3/2021).

Menurut Heriswan, stok yang ada tersebut sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama satu tahun ke depan. Bahkan, dia menilai tidak perlu ada impor

"Standarnya 5.000 ribu ton itu bisa untuk kebutuhan lima bulan ke depan. Jadi untuk setahun lebih masih cukup ini. Kalau kami jawab (perlu impor atau tidak) ya tidak perlu impor,” ujarnya.

Terkait stok beras yang masih menumpuk tersebut, Heriawan mengatakan, pihaknya menunggu arahan dari Bulog pusat untuk penyalurannya.

“Kita menunggu arahan kantor pusat mau disalurkan ke mana. Sambil nunggu penyaluran, kita rawat dengan standar kita agar kualitasnya tetap terjaga," ujarnya.

Lebih lanjut ?Heriswan mengatakan, pihaknya juga masih melakukan penyerapan beras maupun gabah dari petani sehingga jumlah stok beras yang ada saat ini masih akan bertambah.? 

Baca Juga: Tak Terima Keluarganya Ditebas, Pelaku Dikeroyok Keluarga Korban

"Panen raya tahun ini mulai bulan Maret kami sudah serap 7.000 ton setara beras dari tujuh ?kabupaten/kota. Nanti puncaknya April. Target penyerapan tahun ini 49.500 ton," ujar dia.

Disinggung keluhan petani ?terkait harga gabah dan beras yang anjlok dampak rencana impor beras, Heriswan mengatakan, Bulog membuka peluang petani maupun gabungan kelompok tani untuk menjadi mitra Bulog dalam penyerapan.

"Kita buka satker (satuan kerja) juga untuk beli langsung ke petani. Kalau ada petani-petani yang mau langsung ke Bulog, silakan," ujarnya.

Menurut Heriswan, Bulog akan melakukan penyerapan jika kualitas berasnya sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

"Misalnya kadar air maksimal 14 persen, broken 20 persen, sosoh 95 persen, menir 2 persen. Kalau harga belinya Rp 8.300 per kilogram untuk beras dan Rp 5.400 untuk gabah," jelasnya.

Diketahui, pemerintah berencana mengimpor 1 juta ton beras pada tahun ini. Pemerintah beralasan membuka keran impor karena stok cadangan beras di Bulog rendah. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga