Pemerintah Pusat Dorong Pengembangan Hilirisasi Rumput Laut, Termasuk Wakatobi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Kamis, 06 Juli 2023
0 dilihat
Pemerintah Pusat Dorong Pengembangan Hilirisasi Rumput Laut, Termasuk Wakatobi
Panen raya rumput laut di Desa Liya Bahari, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi. Foto: Facebook Go- Wakatobi

" Potensi rumput laut yang tinggi dimiliki oleh Wakatobi. Menjadikannya sebagai salah satu lokasi prioritas untuk proyek percontohan hilirisasi rumput laut di Indonesia "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Potensi rumput laut yang tinggi dimiliki oleh Wakatobi. Menjadikannya sebagai salah satu lokasi prioritas untuk proyek percontohan hilirisasi rumput laut di Indonesia.

Dilansir dari presidenri.go.id, pemerintah terus berupaya untuk mengembangkan hilirisasi industri pengolahan rumput laut di tanah air. Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KKP), Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan, bahwa komoditas rumput laut memiliki banyak produk-produk turunan yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan nilai tambah.

Selanjutnya, Menteri KKP menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan untuk membuat proyek percontohan (modelling) komoditas rumput laut di sejumlah wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Jalan Dermaga Patinggu Wakatobi Rusak Parah, Berlubang dan Tergenang

“Kita tadi ditargetkan oleh Bapak Presiden untuk dibuat satu modelling di beberapa wilayah ada lima lokasi di antaranya adalah Buleleng, kemudian Wakatobi, Maluku Tenggara, kemudian di Rote Ndao di NTT, dan juga di NTB,” tutur Menteri KKP dalam keterangannya setelah mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Wakatobi, Saoruddin mengungkapkan, pemda sementara ini membangun kerja sama dengan Kementerian KKP, itu juga merupakan instruksi langsung Presiden Jokowi.

"Wakatobi akan diintervensi duluan oleh KKP RI. Karena ini tidak lepas dari peran Bupati Wakatobi dalam melobi-lobi yang dilakukan secara intens. Sehingga Pemerintah Pusat ada perhatian kepada Kabupaten Wakatobi," ungkapnya saat dihubungi, Kamis (6/7/2023).

Saoruddin melanjutkan, rencananya jika sudah berjalan, maka akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi. Diharapkan pada Oktober sudah selesai semua.

Kepala Bidang Penguatan Daya Saing dan Pemasaran Hasil Perikanan Kabupaten Wakatobi, Hardin mengungkapkan, alasan Wakatobi dijadikan lokasi prioritas yakni karena potensi rumput laut yang sangat tinggi.

Potensi rumput laut di Wakatobi sangat tinggi. Apalagi di sentra produknya ada dua. Pulau Wangi-Wangi di kawasan Liya Raya dan pulau Kaledupa secara keseluruhan. Luasan yang termanfaatkan itu kurang lebih 5.000 hektare dan itu belum termasuk yang tidak dimanfaatkan.

"Mungkin bisa lebih banyak lagi kawasan," ucapnya, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga: Pernah jadi Wisata Favorit, Kini Banyak Pohon Kelapa Tumbang di Pantai Haso Wakatobi

Karena itu merupakan program prioritas nasional, modelling dan hilirisasi usaha rumput laut. Jadi hal itu akan diintervensi oleh Kementerian KKP sendiri. Dengan lokus dari hulu sampai hilir atau dari pra produksi sampai pasca produksi.

Pembudidaya akan dilatih secara teknis bagaimana budidaya yang baik dan ramah lingkungan. Kemudian pascanya juga akan direncanakan ada processing seperti pabrik industri setengah jadi untuk menambah nilai harga.

"Mungkin sebelumnya harganya Rp 20 ribu, tetapi dengan setengah jadi mungkin bisa dua atau tiga kali lipat nilainya," lanjutnya. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga