adplus-dvertising

Pemerintah Target Distribusi Vaksin Cacar Monyet Akhir Tahun Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 26 Agustus 2022
359 dilihat
Pemerintah Target Distribusi Vaksin Cacar Monyet Akhir Tahun Ini
Pendistribusian vaksin cacar monyet ditargetkan akhir tahun 2022. Foto: Repro humasri.com

" Pemerintah tengah menargetkan distribusi vaksin cacar monyet atau monkeypox di Indonesia dilakukan pada akhir tahun 2022 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah tengah menargetkan distribusi vaksin cacar monyet atau monkeypox di Indonesia dilakukan pada akhir tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Menurutnya, pengadaan sekitar 10 ribu vaksin cacar monyet diprioritaskan bagi penyintas, kontak erat pasien, hingga warga yang memiliki risiko tinggi terpapar cacar monyet.

"Pengadaan [vaksin cacar monyet] sudah. Akhir, akhir tahun ini [distribusi vaksin]," kata Budi kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip cnnindonesia.com, pada Kamis (25/8/2022).


Lebih lanjut, Budi menyebut, vaksin cacar monyet memang terbatas lantaran merujuk tingkat penularan cacar monyet. Ia menilai, penyakit ini bukan penyakit dengan tingkat penularan tinggi seperti Covid-19.

Selain itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga belum mengeluarkan rekomendasi vaksinasi massal cacar monyet.

Baca Juga: Sudah Masuk Indonesia, Warga Bakal Divaksin Cacar Monyet?

Hanya saja, sudah ada dua atau tiga negara yang melakukan vaksinasi cacar monyet kepada warganya.

"Jadi itu sangat terbatas. Karena itu hanya diberikan secara terbatas kepada masyarakat yang immunocompromised, jadi tidak semuanya," ujarnya.

"Dan sebagian besar masyarakat di tahun 1980 kan sebenarnya sudah ada [punya imunitas pasca vaksinasi cacar], begitu," tambahnya.

Sebelumnya, dikutip dari Suara.com, pemerintah melalui Kemenkes telah mengumumkan satu kasus konfirmasi positif cacar monyet di Jakarta, pada pasien berusia 27 tahun.

Baca Juga: WHO Resmi Ganti Nama Cacar Monyet, Ini Alasannya

Pasien ini baru saja bepergian dari luar negeri, dan mengalami gejala demam pada 14 Agustus 2022.

Pada umumnya, penyakit akibat infeksi virus monkeypox, yang menyebabkan penderitanya alami ruam akut seperti papula (jerawat menonjol), vesikel atau pustula (jerawat berisi nanah) yang tidak bisa dijelaskan di negara non endemis atau negara selain Afrika.

Selain mengalami demam, pasien juga mengalami pembengkakan kelenjar di leher, dan mengalami ruam di tangan, kaki, leher, wajah dan di area genital. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga