Pemilih Pemula di Kota Baubau Capai 60 Persen dari Total Pemilih Nasional

Elfinasari, telisik indonesia
Selasa, 06 Juni 2023
0 dilihat
Pemilih Pemula di Kota Baubau Capai 60 Persen dari Total Pemilih Nasional
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse bersama Kepala Kesbangpol saat mensosialisasikan pendidikan politik pemilih pemula. Foto: Elfinasari/Telisik

" Terdapat 60 persen pemilih pemula di Kota Baubau dari jumlah wajib pilih di seluruh Indonesia, sehingga penting memberikan arahan kepada remaja yang baru terdaftar sebagai pemilih pemula "

BAUBAU, TELISIK.ID - Terdapat 60% pemilih pemula di Kota Baubau dari jumlah wajib pilih di seluruh Indonesia, sehingga penting memberikan arahan kepada remaja yang baru terdaftar sebagai pemilih pemula.

Untuk menyukseskan Pemilu 2024, sebagaimana tertuang dalam surat edaran Nomor: 273/487/SJ tentang Penegasan dan Penjelasan terkait pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak untuk memilih anggota legislatif.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menuturkan, berdasarkan informasi KPU data pemilih pemula sementara tercatat 60?ri jumlah wajib pilih seluruh Indonesia, dan rekapitulasi hasil perbaikan daftar pemilih sementara KPU Kota Baubau sejumlah 108,939 orang, dari jumlah wajib pilih ini ada 11% (11,983) orang.

Baca Juga: Harga Telur Naik Signifikan di Kota Baubau

“Dengan sosialisasi seperti sekarang ini merupakan wujud dukungan daerah, memberikan fasilitas persiapan lebih awal dan memberikan informasi kepada masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesadaran politik dan meningkatkan kualitas demokrasi,” tuturnya saat membuka sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula tingkat kelurahan Se-Kota Baubau, Selasa (6/6/2023).

Untuk itu, peserta pemilih pemula diharapkan bisa menyalurkan hak pilihnya dengan baik, dan menghasilkan wakil rakyat yang terbaik untuk menentukan arah pembangunan bangsa dalam mencapai cita-cita negara.

Ketua panitia, Ida mengatakan, rakyat merupakan penentu dari sukses terselenggaranya proses pemilu, saat ini terdapat banyak pemilu aktif di kalangan remaja yang notabennya pemilih pemula.

“Pemilih pemula pertama kali menggunakan hak pilihnya yang terdiri dari masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memilih, peserta sosialisasi kali ini terdiri dari dua elemen, yaitu masyarakat kelurahan dan siswa/i SMA, SMK yang telah memenuhi syarat wajib pilih,” tuturnya.

Baca Juga: Praktik Spesialis Kandungan Perempuan Pertama di Kota Baubau Mulai Beroperasi

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Amaluddin mengatakan, sosialisasi yang diselenggarakan oleh dimaksudkan untuk memberikan ilmu kepada pemilih pemula, agar nanti dapat memberikan hak pilihnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Sebelumnya kita sudah membahas apa itu pemilu, apa itu penyelenggara dan tujuan kita hadir pada hari ini, saya memberikan informasi secara resmi dari pemerintah, kita sebagai pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat harus bisa dirasakan sebagai rahmat, di mana bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” tutupnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga