Pemkab Buton Optimalkan Sambut Peserta Porprov 2022 dari Seluruh Daerah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 15 September 2022
0 dilihat
Pemkab Buton Optimalkan Sambut Peserta Porprov 2022 dari Seluruh Daerah
Pemkab Buton mempersiapkan penyambutan peserta dari 17 kabupaten/kota yang akan dipimpin oleh kepala daerahnya masing-masing. Foto: Dok. Pemkab Buton

" Pj Bupati Buton berharap kepada masyarakat agar mau menyiapkan tempat tinggal bagi tamu Porprov yang tidak mendapatkan tempat di lokasi yang disediakan panitia lokal "

BUTON, TELISIK.ID – Sebagai tuan rumah pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-14 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton mempersiapkan segala hal untuk menyambut para peserta di ajang olahraga terbesar di Sulawesi Tenggara ini.

Diketahui, Porprov akan berlangsung di Kabupaten Buton dan Kota Baubau, mulai 26 November hingga 3 Desember 2022.

Pj. Bupati Buton Drs. Basiran M.Si mengatakan, untuk pembukaan Porprov tahun ini akan dilaksanakan di Ibu Kota Buton, Pasarwajo pada 26 November mendatang. Sedangkan penutupannya bakal berlangsung di Kota Baubau.

Ia mengaku sudah meminta masing-masing kepala OPD untuk bertanggung jawab dengan tugasnya, baik sebagai panitia maupun LO kontingen kabupaten/kota peserta Porprov tahun ini, sehingga perhelatan itu dapat terselenggara dengan sukses dan memberi kesan baik bagi daerah lain.

“Kita bersyukur kepada Allah karena pemprov menetapkan Buton menjadi tuan rumah Porprov, di samping juga Kota Baubau. Maka kita harus menyiapkan penyambutan seluruh kontingen kabupaten/kota dengan menata Ibu Kota Buton, Pasarwajo dengan keindahan, kebersihan dan kenyamanan,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Baca Juga: Pemkab Buton Pastikan Tampilkan Atlet Lokal di Porprov XIV 2022

Lebih lanjut, ia juga berharap kepada warga masyarakat agar mau menyiapkan tempat tinggal bagi tamu Porprov yang tidak mendapatkan tempat di lokasi yang disediakan panitia lokal.

“Jangan sampai tempat yang kita persiapkan sudah tidak muat, jadi masyarakat bisa ikut berpartisipasi. Mungkin yang punya 4 kamar, bisa siapkan untuk official atlet yang tidak mendapatkan tempat,” ujarnya.

“Kami juga harap masyarakat bisa tetap menjaga kebersihan lingkungan, sehingga tata lingkungan kita bisa membuat tamu nyaman berada di Pasarwajo,” katanya.

Pemkab Buton sambut Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi dengan Menteri Koperasi dan UKM pada Dialog UMKM. Foto: Dok. Pemkab Buton

 

Selain itu, Basiran juga mengimbau para pelaku UMKM agar memberikan kesan yang baik kepada para tamu Porprov. Mengingat perhelatan olahraga terbesar di Sulawesi Tenggara ini dapat menjadi pintu rezeki.

Pasalnya, kata dia, dapat diprediksi tamu Porprov yang bakal datang ke Buton dan Baubau mencapai ribuan orang dari seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, mulai dari atlet, official hingga masyarakat yang ingin menyaksikan penyelenggaraan Porprov tahun ini.

Sehingga kelompok UMKM, pengrajin, dan pelaku usaha pariwisata sudah bisa menyiapkan diri dengan membuat usaha rumah makan karena jangan sampai tamu-tamu kita dari kabupaten/kota kesulitan mencari makan.

Baca Juga: Ketua Pengcab Konawe Selatan Sesumbar Raih Hasil Terbaik di Porprov XIV

“Nah momen ini bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai peluang usaha yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Demi mensukseskan Porprov 2022 ini, pihak Pemkab Buton sudah membentuk panitia daerah mengingat Buton menjadi tuan rumah. Bahkan pembukaan perhelatan pertandingan olahraga terbesar di Sultra ini akan berlangsung di Buton pada 26 November mendatang.

“Kami telah membentuk kepanitiaan lokal untuk mempersiapkan penyambutan peserta dari 17 kabupaten/kota yang akan dipimpin oleh kepala daerahnya masing-masing,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton, Zainuddin Napa. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga