Pemkab Muna Barat Luncurkan ILP Kesehatan untuk Mudahkan Pelayanan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 10 September 2024
0 dilihat
Pemkab Muna Barat Luncurkan ILP Kesehatan untuk Mudahkan Pelayanan
Peluncuran ILP untuk meningkatkan kualitas kesehatan primer di Muna Barat. Foto: Ist

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat, Sulawesi Tenggara, meluncurkan Integritas Layanan Primer (ILP) bidang kesehatan untuk memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Selasa (10/9/2024), di aula kantor bupati "

MUNA BARAT, TELISIK.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat, Sulawesi Tenggara, meluncurkan Integritas Layanan Primer (ILP) bidang kesehatan untuk memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Selasa (10/9/2024), di aula kantor bupati.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, mengatakan ILP merupakan pilar pertama dari transformasi sistem kesehatan yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.

“Perubahan mendasar transformasi mencakup siklus hidup sebagai platform, integrasi pelayanan kesehatan, dan platform penguatan promosi serta pencegahan,” ujar Butolo.

Butolo menyebut tiga hal yang menjadi fokus integrasi pelayanan kesehatan primer. Pertama, penerapan siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanan kesehatan.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Lakukan Pendampingan Penyusunan GDPK Lima Pilar di Buton

Kedua, mendekatkan pelayanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat desa dan dusun, termasuk untuk memperkuat promosi pencegahan yaitu melalui deteksi dan screening penyakit.

Ketiga, memperkuat pemantauan wilayah melalui digitalisasi dan pemantauan melalui dashboard situasi kesehatan pedesaan. Hal tersebut, menurut Butolo, bisa dicapai dengan penguatan struktur melalui penguatan Puskesmas, Pustu (puskesmas pembantu, red), dan Posyandu.

Butolo berharap dengan adanya ILP maka masyarakat yang sakit dapat dilakukan penanganan dengan segera dan dapat melakukan pencegahan lebih awal, terlebih adanya Pustu dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“ILP bertujuan memberikan layanan promotif dan preventif yang berkualitas ke masyarakat dan terfokus pada ibu hamil dan remaja, usia produktif, hingga ke lansia,” ujarnya.

Saat ini Posyandu telah bertransformasi menjadi Posyandu ILP. Sebelumnya Posyandu hanya melayani balita dan ibu hamil, sekarang juga melayani seluruh siklus kehidupan dari usia nol tahun hingga lansia.

Baca Juga: Sekda Muna Ingatkan ASN Jangan Mudah Terpecah Belah Karena Pilkada

Kader Posyandu juga diharapkan memiliki peran penting dalam ILP dan menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat di desa/kelurahan yang konprehensif dan bermutu.

Setelah launching ILP dan pelaksanaan Puskesmas menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah, red), Pemkab Muna Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan primer.

Selain itu, kata Butolo, memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan akses yang lebih baik dan merata terhadap pelayanan kesehatan.

Pemkab Muna Barat juga berharap pelaksanaan ILP yang berbasis siklus hidup ini agar berjalan dengan baik, serta bisa memberi manfaat kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan primer, sekaligus mewujudkan masyarakat Muna Barat yang sehat. (C)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga