Pemkot Kendari Lakukan Pembinaan Keluarga Asuh, Strategi Penurunan Stunting

Siti Nabila, telisik indonesia
Sabtu, 27 Juli 2024
0 dilihat
Pemkot Kendari Lakukan Pembinaan Keluarga Asuh, Strategi Penurunan Stunting
Bidang Infokom Diskominfo Kota Kendari memberikan bantuan kebutuhan pokok pada keluarga asuh di Kecamatan Puuwatu. Foto: Ist.

" Pemerintah Kota Kendari bersama Bidang Infokom Dinas Kominfo Kota Kendari, memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada keluarga asuh di Kecamatan Puuwatu "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari bersama Bidang Infokom Dinas Kominfo Kota Kendari, memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada keluarga asuh di Kecamatan Puuwatu. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya penurunan stunting.

Salah satu kader Keluarga Asuh Bidang Infokom Dinas Kominfo Kota Kendari, Roamaedar yang tinggal di Kecamatan Puuwatu menuturkan, beberapa bulan yang lalu ia melahirkan anak keduanya.

Roamaedar mengatakan, sesaat setelah melahirkan dengan normal anak keduanya, ia melihat kondisi bayinya terbilang kecil, sehingga merasa khawatir terkena stunting.

Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup, melakukan koordinasi dengan setiap ODP sebagai upaya percepatan penurunan stunting. Foto: Ist.

 

“Alhamdulillah saat lahir kondisinya normal, saat ini dia (anak kedua) masih minum ASI,” ungkapnya saat tim Bidang Infokom berkunjung ke rumahnya di lingkungan Lalombaku, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga: PPKS jadi Salah Satu Solusi Turunkan Stunting di Wakatobi

Saat ini Roamaedar tinggal di sebuah rumah ukuran 3×5 meter di atas tanah keluarganya. Dia tinggal bersama suami dan 2 anaknya yang masih kecil. Sehari-hari Roamaedar bergantung dari pendapatan sang suami yang menjadi supir di salah satu perusahaan tambang di Kabupaten Konawe.

Diskominfo Kota Kendari saat berkunjung di kediaman keluarga asuh. Foto: Ist.

 

Sementara itu, menurut Kader KB Kecamatan Puuwatu, Yatima, yang menemani tim Infokom, mereka terus mendampingi sejumlah ibu hamil dan ibu menyusui yang berpotensi terkena stunting.

Baca Juga: Rakor Penurunan Stunting: Hasil Survei di Buton Selatan Tidak Sinkron dengan Pelaporan Gizi Masyarakat

Selain memfasilitasi pemberian bantuan kebutuhan pokok dan makanan tambahan, mereka juga terus melakukan edukasi pada warga agar terhindar dari persoalan stunting.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup. Foto: Ist.

 

Sebelumnya, Pemkot Kendari telah melakukan berbagai upaya penurunan stunting dan menyadari bahwa penanganan stunting memerlukan perhatian yang terus menerus, terutama dalam memberikan pemahaman mengenai pentingnya asupan gizi yang baik bagi balita, ibu hamil, dan calon pengantin.

“Dalam melayani keluarga stunting prioritaskan pelayanan kepada baduta, balita serta ibu hamil, karena pemantauan kesehatan di 1000 hari pertama kehidupan, itulah yang sangat penting,” pesan Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, Senin (15/7/2024) lalu. (A-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga