Pemred Suara.com Siap Sukseskan Pelatihan Jurnalistik Telisik.id

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 11 September 2020
0 dilihat
Pemred Suara.com Siap Sukseskan Pelatihan Jurnalistik Telisik.id
Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono siap menghadiri Seminar Pilkada 2020 dan Pelatihan Jurnalistik Online. Foto: Ist.

" Maka, kehadiran bang Jono sangat penting bagi kalangan jurnalis dan peminat jurnalisme di Sultra. Pelatihan ini merupakan kontribusi nyata Telisik.id sebagai media online nomor 1 di Sultra, dengan Alexa per hari ini 928 ranking Indonesia. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemimpin Redaksi (Pemred) Suara.com, Suwarjono menyatakan kesiapannya untuk menghadiri Seminar Pilkada 2020 dan Pelatihan Jurnalistik Online yang dihelat media Telisik.id pada 26 September mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Claro Hotel Kendari ini, Suwarjono bakal menjadi salah satu pemateri berduet dengan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Provinsi Jawa Barat, Rahim Asyik dan Didik Supriyanto selaku Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI, yang menjadi narasumber pada seminar Pilkada 2020.

Suwarjono, mulai aktif bersentuhan dengan jurnalistik sejak mengelola Surat Kabar Mahasiswa Bulaksumur UGM, tahun 1993-1996. Usai kuliah dari Fisipol UGM, kiprah jurnalis sambung menyambung tak pernah putus.

Memulai karier jurnalis profesional dengan bergabung di Tabloid Berita Mingguan Paron pada tahun 1996-1998, Tabloid Perspektif 1998-2000, reporter hingga korlip Detik.com 2000-2006, pendiri portal berita Okezone.com di bawah grup MNC, sekaligus menjadi managing editor 2006-2008, ikut mendirikan Vivanews.com (viva.co.id) dan menjadi managing editor pada 2008-2014.

Pada tahun 2014, bersamaan dengan masa kampanye Pilpres, ia memutuskan keluar dari VIVA grup dan mendirikan media online sekaligus sebagai Pemimpin Redaksi Suara.com.

Di media terakhir yang ia pimpin, sekaligus menjadi Chief Operating Officer (COO) PT Arkadia Digital Media Tbk, grup perusahaan media digital yang membawahi 8 media online, 14 media lokal, dan satu platform periklanan serta e-commerce.

Baca juga: Ketua AMSI Jabar Jadi Narasumber Pelatihan Jurnalistik Telisik.id

Aktivitas organisasi tidak jauh dari aktivitasnya di jurnalistik. Sewaktu aktif di Pers Mahasiswa UGM, selain bergabung di penerbitan kampus juga aktif di Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI).

Pindah ke Jakarta menjadi jurnalis media nasional, bergabung ke Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta. Berbagai kepengurusan dilakoni hingga menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) AJI Indonesia periode 2011-2014. Pada Kongres ke -9 AJI di Bukit Tinggi Desember 2014 lalu, ia dipercaya memimpin organisasi beranggotakan 2.000 jurnalis dengan menjadi Ketua Umum AJI Indonesia periode 2014-2017.

Menurut Suwarjono, tantangan media digital 5 tahun terakhir makin besar. Pertumbuhan internet di Indonesia yang sangat masif, selain berdampak positif, juga memunculkan residu.

"Kebebasan pers dan kebebasan berpendapat banyak dimanfaatkan untuk menyebar hoaks, fakenews dan disinformasi. Media online pun harus berperang dengan media digital abal-abal yang banyak dipakai untuk tujuan tak semestinya," tandas Jono, demikian dipanggil.

Bersama-sama dengan 22 media online lain, Jono mendirikan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) tahun 2017 dan ia duduk menjadi Ketua Bidang Organisasi. Dan pada kongres AMSI 2020 tahu ini, ia menjadi Wakil Ketua Umum AMSI periode 2020-2023.

Berbagai pelatihan training, workshop baik dalam dan luar negeri telah diikuti. Menjadi penguji UKJ, memberikan berbagai pelatihan terkait pengorganisasian serikat pekerja, etik hingga aktif menjadi pembicara seminar terkait media online.

Baca juga: Didik Supriyanto Hadir Seminar Pilkada Telisik.id

Ketua Panitia Seminar Pilkada 2020 dan Pelatihan Jurnalistik Online, Haidir Muhari mengatakan pelatihan jurnalistik online ini bagian dari kontribusi Telisik.id untuk meningkatkan kualitas para jurnalis dalam menyajikan pemberitaan kepada publik.

Menurut Haidir, data yang dirilis We Are Social dan Hoot Suite pada akhir Januari 2020 lalu mengungkapkan, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta orang dari total jumlah penduduk Indonesia sekitar 272,1 juta.

Ini berarti lebih dari separuh atau sekira 64 persen masyarakat Indonesia menggunakan internet. Data ini menunjukkan peningkatan sebesar 17 persen atau sebesar 25 juta pengguna dari tahun 2019.

Pertumbuhan signifikan pengguna internet ini berkaitan juga dengan penambahan jumlah berita bohong. Sebagaimana data Kemenkominfo menyebutkan, ada sekitar 800.000 situs di Indonesia yang telah terindikasi sebagai penyebar informasi palsu di tahun 2017

"Maka, kehadiran bang Jono sangat penting bagi kalangan jurnalis dan peminat jurnalisme di Sultra. Pelatihan ini merupakan kontribusi nyata Telisik.id sebagai media online nomor 1 di Sultra, dengan Alexa per hari ini 928 ranking Indonesia," jelasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: M Nasir Idris

TAG:
Baca Juga