Pemutakhiran Data Kesejahteraan Sosial Warga Miskin di Buteng Harus Objektif

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 07 April 2021
0 dilihat
Pemutakhiran Data Kesejahteraan Sosial Warga Miskin di Buteng Harus Objektif
Kadis Sosial Buteng saat menyerahkan bantuan sosial. Foto: Mutarfin/Telisik

" Diusahakan yang akan mendata nanti, harus mendata betul-betul sesuai dengan keadaan di lapangan yang sebenarnya. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Dinas Sosial Kabupaten Buton Tengah akan malaksanakan Pemutahiran Data Kesejahteraan terpadu Sosial (DKTS), bagi warga miskin secara objektif.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Sosial Buteng, Abidin. Menurutnya, pihak akan melakukan pemutahiran DKTS bagi warga miskin dalam waktu dekat ini.

"Diusahakan yang akan mendata nanti, harus mendata betul-betul sesuai dengan keadaan di lapangan yang sebenarnya," katanya, Rabu (7/4/2020).

Baca juga: Bupati Manggarai Ketujuh Tutup Usia di RS Siloam Labuan Bajo

Ia menambahkan, kali ini pihak dinas sosial akan melakukan pendataan ini semaksimal mungkin dengan menurunkan tim khusus, da didampingi oleh pihak desa maupun kelurahan. Sebab, jangan ada asumsi bahwa ketidaknetralan atau pilih kasih.

Lebih lanjut Abidin menjelaskan, di beberapa desa yang ada di Buteng masih terdapat kepala keluarga miskin yang membutuhkan perhatian pemerintah daerah, dalam bentuk bantuan yang gunanya untuk turut meringankan beban keluarga di saat pandemi ini.

"Masih terdapat warga miskin yang sangat membutuhkan bantuan, namun belum terdata dalam DTKS, sehingga belum menerima bantuan sosial seperti program keluarga harapan  maupun bantuan sembako," ujarnya.

Selain itu kata dia,  DKTS  bagi warga miskin ini perlu dilakukan dikarenakan ada beberapa pertimbangan yakni, jangan sampai penerima bantuan sebelumnya sudah berpindah wilayah, sudah meninggal, ataupun sama sekali belum pernah merima bantuan dari Pemda Buteng. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga