Penari Lumense dan Pengunjung Pembukaan Festival Tangkeno X Kesurupan

Hir Abrianto, telisik indonesia
Senin, 10 Oktober 2022
0 dilihat
Penari Lumense dan Pengunjung Pembukaan Festival Tangkeno X Kesurupan
Penari Lumense yang terjatuh saat tarian berlangsung. Selain itu, salah satu peserta kirab budaya tiba-tiba memasuki lapangan dengan gerakan tubuh di luar kendali. Foto: Hir/Telisik

" Beberapa penari dan pengunjung pembukaan Festival Tangkeno X mengalami kesurupan "

BOMBANA, TELISIK.ID - Beberapa penari dan pengunjung pembukaan Festival Tangkeno X mengalami kesurupan.

Pantauan Telisik.id, usai Pj Bupati Bombana, Burhanuddin, membawakan sambutan, penonton dihibur dengan Tarian Lumense dan lulo yang dibawakan oleh putri-putri Kabaena.

Saat Tari Lumense ditampilkan secara kolosal, salah satu peserta kirab budaya tiba-tiba memasuki lapangan dengan gerakan tubuh di luar kendali.

Dengan sigap, warga bersama tim keamanan langsung mengamankan. Tidak berselang lama, seorang peserta juga ikut terpengaruh serta seorang wanita tua perpakaian adat Tokotu'a, ikut kesurupan.

Baca Juga: Kasi Pidsus Kejari Muna Berganti, Sahrir Titip Dua Perkara Dugaan Korupsi

Janariah, mantan Kepala Dinas Pariwisata Bombana mengatakan, kejadian ini adalah bukti bahwa Tari Lumense adalah tarian yang memiliki nilai mistis.

"Ini adalah bukti tarian adat lumense memiliki nilai mistis. Namun yang digunakan untuk hiburan adalah tarian yang ditampilkan secara kolosal. Keasliannya masih terjaga untuk prosesi adat," ucap Janariah, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: Sekda Muna Perintahkan Plt Kadikbud Beri Sanksi Kasek SD 7 Lasalepa

Menyaksikan penampilan Tarian Lumense yang diwarnai dengan kesurupan, salah satu tamu udangan, Apua Mokolo Alfian Pimpi SH. M.AP, Raja Moronene Pauno Rimbia VII mengaku merinding dan mengakui sakralnya Tari Lumense.

"Saya salut banyak perkembagan tempat ini. Melihat ada yang kesurupan tadi saya merinding karena tarian ini sakral," singatnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga