Pendaftaran SNMPTN Resmi Dibuka, UHO Siapkan Kuota 2.468

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
0 dilihat
Pendaftaran SNMPTN Resmi Dibuka, UHO Siapkan Kuota 2.468
Gedung Rektorat UHO. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" Pendaftaran online Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah resmi dibuka "

KENDARI, TELISIK.ID - Pendaftaran online Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah secara resmi dibuka. Pendaftaran dimulai dari tanggal 14 sampai 28 Februari mendatang, di seluruh PTN se-Indonesia.

Salah satunya di perguruan tinggi terbesar di Sultra, Universitas Halu Oleo (UHO), yang setiap tahunnya selalu menerima Mahasiswa Baru (Maba) dari jalur seleksi nasional ini, dengan total 1000 kuota, bahkan lebih.

Untuk di tahun 2022, UHO kembali menyiapkan kuota sebanyak 2.468 untuk 77 jurusan/program studi.

Rektor UHO, Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si mengatakan, setiap tahunnya SNMPTN memang selalu menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa, untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri dengan bebas tes. Tidak heran kuota yang disiapkan selalu banyak.

"Ini kan peluang emas bagi para siswa-siswi untuk mendaftar dan lulus di PTN yang diinginkan. Jadi peminatnya sangat tinggi. Tidak heran seluruh perguruan tinggi menyiapkan daya tampung yang cukup banyak untuk jalur SNMPTN," ungkapnya kepada Telisik.id, Selasa (15/2/2022).

Ketua Kagama Sultra itu menjelaskan, untuk di UHO sendiri kuota penerimaan Maba tahun ini ini sebanyak 8.855, yang terbagi dari tiga jalur pendaftaran yaitu SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri.

Baca Juga: MTs Ummusshabri Raih Juara Umum I-Smart Competition 2022

"Semuanya sudah dibagi, untuk jalur SNMPTN itu sebesar 30 persen, SBMPTN 40, dan jalur mandiri 30 persen. Dan itu sudah menjadi ketentuan lembaga pendidikan. Artinya para calo mahasiswa memiliki banyak peluang untuk bisa lulus di perguruan tinggi yang diinginkan," katanya.

Orang nomor satu di UHO itu menyampaikan, kepada calon pendaftar jalur SNMPTN agar betul-betul detail memasukkan biodatanya, karena itu akan sangat berpengaruh terhadap kelulusan mereka.

"Intinya harus benar-benar teliti, jangan sampai ada yang salah, yang menyebabkan peserta gugur di tahap awal," ujarnya.

Baca Juga: Kalahkan Ratusan Pesaing Dari PTS se-Indonesia, Dua Mahasiswa Kendari Raih Juara Tingkat Nasional

Sementara itu, Wakil Rektor I UHO, Dr. La Hamimu, MT menjelaskan, untuk bisa mendaftar jalur SNMPTN, para peserta harus memiliki akun LTMPT.

"Pertama siswa itu harus termasuk dalam kuota pendaftaran SNMPTN yang diusulkan oleh sekolah, kemudian membuat akun LTMPT, dan akun tersebut harus sudah dipermanenkan. Karena jika tidak, maka para peserta tidak bisa mendaftar meskipun telah memiliki akun," pungkasnya. (B)

Reporter : Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga