Penduduk Ciptakan Ratusan Ton Sampah Setiap Hari di Kota Kendari

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 09 Januari 2023
0 dilihat
Penduduk Ciptakan Ratusan Ton Sampah Setiap Hari di Kota Kendari
Sampah di Kota Kendari terus meningkat setiap tahunnya akibat bertambahnya penduduk. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Jumlah sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mengalami peningkatan di tahun 2022 hingga 98.477 ton "

TELISIK.ID, KENDARI - Jumlah sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mengalami peningkatan di tahun 2022 hingga 98.477 ton.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, untuk tahun 2021 jumlah sampah mencapai 264 ton per hari. Sedangkan produksi sampah di tahun 2022 ini mencapai hingga 269,8 ton per hari.

Salah satu masyarakat Kota Kendari, Feni mengatakan, banyak sampah setiap hari yang berhamburan hingga di luar bak sampah nampak mengganggu.

Baca Juga: Jaringan Kabel PLN Melintang ke Tanah Tanpa Tiang Dinilai Bahayakan Warga Kendari

"Bau busuk sampah yang berhamburan sudah sangat menganggu, orang-orang yang buang sampah juga biasanya tidak langsung di dalam bak sampahnya, yang penting dekat dengan bak sampah langsung dibuang saja sembarangan," ujar Feni, Senin (9/1/2023).

Kepala Bidang Persampahan DLHK Kota Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, meningkatnya penduduk dari tahun ke tahun, baik yang menetap maupun bekerja di Kota Kendari membuat produksi sampah juga meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga: Padatnya Antrean di SPBU Kendari Gegara Migrasi Pemakaian Kendaraan Non Subsidi

"Banyaknya masyarakat di Kota Kendari membuat produksi sampah yang dihasilkan juga semakin banyak," ujar Adi Jaya.

Ia pun menghimbau masyarakat untuk lebih memilah sampah, karena sampah yang dihasilkan tidak semua masuk ke tempat pembuangan akhir sampah (TPAS).

"Untuk sampah plastik yang bernilai ekonomi bisa langsung ke pemulung atau pengepul, atau bisa didaur ulang untuk kerajinan," tutupnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga