Penerima BST di Kota Kendari Berkurang hingga 40 Persen

Eni Eka Wisda, telisik indonesia
Sabtu, 24 April 2021
0 dilihat
Penerima BST di Kota Kendari Berkurang hingga 40 Persen
Kabid Program Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kota Kendari, Izak Bulo. Foto: Eni Eka Wisda/Telisik

" Di Kota Kendari, penerima BST tahap 6 sampai tahap 11 kurang lebih 18 ribu orang. Namun pada saat pergantian Menteri Sosial, pendataan diperketat dan penerima BST yang NIK-nya tidak ter-update di Capil Pusat maka otomatis datanya menghilang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kota Kendari berkurang hingga 40 persen, hal ini diakibatkan NIK penerima tidak update di Capil Pusat.

Kabid Program Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kota Kendari, Izak Bulo mengatakan, penerima bantuan sosial tahun ini adalah masyarakat yang NIK-nya sudah update di Capil Pusat.

"Di Kota Kendari, penerima BST tahap 6 sampai tahap 11 kurang lebih 18 ribu orang. Namun pada saat pergantian Menteri Sosial, pendataan diperketat dan penerima BST yang NIK-nya tidak ter-update di Capil Pusat maka otomatis datanya menghilang," ucapnya.

Baca juga: Maskapai Garuda di Kota Kendari Kini Layani Penerbangan Untuk Hewan

Izak Bulo mengungkapkan, persyaratan BST tahun 2020 dan 2021 sedikit berbeda.

"Tahun 2020 Masyarakat yang tidak  mampu, membutuhkan BST dan merupakan penduduk Kota Kendari, kita bisa usulkan update NIK-nya sehingga kita tetap bisa mengusulkan untuk mendapatkan BST. Sedangkan tahun 2021 saat pergantian Menteri Sosial, tidak bisa jika NIK tidak ter-update di Capil Pusat," jelasnya.

Itulah kendala utama sehingga penerima BST di Kota Kendari berkurang sampai 40 persen. Pengurangan penerima BST juga terjadi di daerah lain.

"Sekitar enam ribu KK yang tidak menerima BST di Kota Kendari. Tadinya jumlah penerima mencapai 18 ribu KK, sekrang sisa 10.500 KK," tutupnya. (B)

Reporter: Eni Eka Wisda

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga