Pengamanan Pilkada di Makassar Dapat Bantuan Personil Brimob dari Polda NTB dan Gorontalo

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Selasa, 08 Desember 2020
0 dilihat
Pengamanan Pilkada di Makassar Dapat Bantuan Personil Brimob dari Polda NTB dan Gorontalo
Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana. Foto: Ist.

" Pasukan BKO Nusantara itu sudah tiba di Makassar dan mereka tiba sejak Minggu (6/12/2020) kemarin. Selanjutnya, mereka akan bergabung dengan anggota lainnya yang masuk dalam satuan pengamanan Pilkada Makassar. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Sebanyak 200 orang personel Brimob atau setara dengan dua satuan setingkat kompi (SSK) dari Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Polda Gorontalo, ikut membantu pengamanan pelaksanaan Pilkada di Kota Makassar.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana mengatakan, personel BKO dari dua provinsi tersebut akan bergabung dengan personel lainnya dari Polrestabes Makassar.

"Pasukan BKO Nusantara itu sudah tiba di Makassar dan mereka tiba sejak Minggu (6/12/2020) kemarin. Selanjutnya, mereka akan bergabung dengan anggota lainnya yang masuk dalam satuan pengamanan Pilkada Makassar," katanya, SeninĀ (7/12/2020).

Ia mengatakan, dalam pengamanan Pilkada Makassar, mereka akan bertugas menjaga semua tempat pemungutan suara (TPS) serta titik-titik strategis lainnya, seperti kantor KPU dan Bawaslu.

Personil BKO Brimob Polda NTB dan Polda Gorontalo yang di tempatkan di Makassar ini, akan mengisi setiap Polsek di kota Makassar dengan jumlah personil 30 setiap Polsek.

Baca juga: Aparat Gabungan Patroli Money Politic di Konsel

Untuk di Polsek Panakukang, 30 personil BKO brimob bersiaga untuk mengamankan pilkada kota Makassar yang akan di helat besok, Rabu (09/12/2020).

Kasi Humas Polsek Panakukang, Bripka Halim mengatakan, Personil yang di tempatkan inj nantinya akan membantu personil Polsek Panakukang dan Polrestabes Makassar dalam menjaga objek vital yang rawan di serang massa.

"Penempatan BKO Brimob di Polsek bukan karena rawan ricuh, tetapi tempat strategis untuk bisa backup Polsek di wilayah zona 3. kalau di Polsek Biringkanaya disimpan, pasti jauh ke Panakkukang, tapi kalau di Panakkukang, bisa backup Polsek Manggala, Polsek Tamalanrea sama Polsek Biringkanaya," ucapnya saat dikonfirmasi di ruangannya.

Lebih lanjut, Bripka Halim mengatakan, ada sekitar 30 personil yang ditempatkan di Polsek Panakukang, mereka saat ini standby menungga arahan Kapolsek Panakukang.

Permintaan bantuan dari polda NTB dan Polda Gorontalo ini dilakukan untuk mencegah adanya gesekan antar massa saat pemilihan Wali Kota Makassar 2020-2025 mendatang. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga