Pengamat Bicara Peluang Jenderal Andika Perkasa Usai Dipilih Jadi Bakal Capres NasDem

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 19 Juni 2022
0 dilihat
Pengamat Bicara Peluang Jenderal Andika Perkasa Usai Dipilih Jadi Bakal Capres NasDem
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dinilai memiliki peluang lebih besar usai ditunjuk sebagai salah satu bakal capres yang akan NasDem di Pilpres 2024. Foto: Repro Kompas.com

" Sebagai jenderal aktif dengan tongkat komando tertinggi di TNI, peluang dari NasDem ini tentu akan punya banyak efek bagi masa depan Jenderal Andika dalam politik nasional "

SURABAYA, TELISIK.ID - Peneliti senior dan analis data politik Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam menilai peluang Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa semakin besar usai dipilih menjadi salah satu kandidat bakal capres yang akan diusung NasDem pada Pilpres 2024.

“Sebagai jenderal aktif dengan tongkat komando tertinggi di TNI, peluang dari NasDem ini tentu akan punya banyak efek bagi masa depan Jenderal Andika dalam politik nasional. Beliau potensial menjadi calon alternatif, calon jalan tengah jika koalisi-koalisi deadlock menentukan calon dari parpol dan sipil,” ucapnya, Minggu (19/6/2022).

Dalam sejarah politik Indonesia, kata dekan Fisip Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini, tidak dimungkiri tokoh militer selalu punya ruang dan juga daya saing apalagi dalam situasi krisis.

“Momentum politik sekarang bandulnya memang sedang baik untuk para calon berlatar belakang kepala daerah dan sipil, tetapi tidak menutup kemungkinan calon militer akan bisa menyalip jika situasinya sulit dan tidak terjadi kompromi di koalisi,” lanjutnya.

Baca Juga: Tiga Poros Koalisi di Pilpres 2024, Anies-AHY hingga Prabowo-Puan

Apalagi jika kinerja Jenderal Andika sesuai ekspektasi public, kata Surokim, maka peluang bisa kompetitif juga akan mengikuti. Apalagi jika dikaitkan dengan geopolitik nasional dan internasional, tentunya sosok Andika Perkasa punya kans untuk mendapat momentum itu kendati jalannya tidak akan mudah karena posisi  yang bersangkutan saat ini masih aktif  sehingga tidak akan leluasa membangun komunikasi politik lebih bebas.

Sebelumnya, pada penutupan Rakernas NasDem Jumat (17/6/2022) malam, Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengumumkan tiga nama yang akan menjadi bakal calon presiden untuk Pemilu 2024. Pertama, Anies Rasyid Baswedan, kedua Mohammad Andika Perkasa, dan ketiga Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Surya Paloh Umumkan Tiga Nama Capres Pilihan Rakernas NasDem

Ketua DPP Nasdem, Willy Aditya, membeberkan alasan partainya mendukung Andika Perkasa. Menurut Willy, hal itu karena pertimbangan latar belakang Andika yang erat sebagai militer dan sipil.

"Terkait dengan Andika Perkasa variabel yang lebih kualitatif. Bagaimana komitmen menjaga negara, bangsa, bagaimana komitmen menjaga stabilitas dan kemudian keseimbangan antara representasi sipil dan militer," jelas Willy di Jakarta beberapa waktu lalu. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Musdar

Baca Juga