Pengambilan Sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Ditunda

Merdiyanto , telisik indonesia
Rabu, 25 September 2024
0 dilihat
Pengambilan Sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Ditunda
Pengambilan sumpah WNI kedua pemain keturunan Hilgers (kanan) dan Eliano ditunda. Foto: Repro Instagram @eliano.r dan @meeshilgers

" Pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) kepada kedua pemain keturunan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ditunda "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) kepada kedua pemain keturunan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ditunda.

Awalnya diagendakan pengambilan sumpah WNI kedua pemain abroad itu akan dilakukan pada Minggu (22/9/2024) atau Senin (23/9/2024). Namun, terdapat penundaan sehingga jadwal baru ditetapkan menjadi Senin pekan depan (30/9/2024).

Dilansir dari laman inews.id (25/9/2024), dengan mundurnya jadwal, banyak yang meragukan apakah Hilgers dan Eliano bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober mendatang dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji, telah mengkonfirmasi bahwa peluang Hilgers dan Eliano untuk menjalani debut bersama Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Bahrain dan China masih terbuka lebar.

Baca Juga: Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika 2024, Race Dimulai Siang Akhir Pekan Ini

Dengan ditetapkannya Keppres oleh Presiden Joko Widodo, Hilgers dan Eliano kini selangkah lebih dekat untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Keduanya tinggal menyelesaikan beberapa persyaratan administratif.

Dengan kata lain, Hilgers dan Eliano hanya perlu mengikuti upacara pengambilan sumpah setia sebagai WNI. Rencananya, acara sakral ini akan diselenggarakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda pada tanggal 30 September mendatang.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan HAM Indonesia telah membentuk tim khusus untuk memfasilitasi proses naturalisasi kedua pemain yang saat ini berkarier di FC Twente dan PEC Zwolle.

Baca Juga: Begini Syarat Penukaran Tiket untuk Nonton Langsung MotoGP Mandalika 2024

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) telah ditugaskan untuk berangkat ke Belanda guna memimpin langsung upacara pengambilan sumpah kedua pemain tersebut.

Apabila seluruh tahapan proses naturalisasi dapat diselesaikan sesuai jadwal, maka bukan tidak mungkin Hilgers dan Eliano akan menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia pada pertandingan melawan tuan rumah Bahrain pada tanggal 10 Oktober mendatang.

Sumardji menyampaikan bahwa masih terdapat tenggat waktu untuk mendaftarkan Hilgers dan Eliano pada pertandingan tersebut. Dia menjelaskan bahwa batas akhir pendaftaran pemain untuk pertandingan ketiga dan keempat Grup C adalah tanggal 3 Oktober 2024.

“Kalau seperti apa yang disampaikan, tanggal 30 mereka disumpah, terus nanti proses administrasi, termasuk perpindahan federasi, selesai dalam 1-2 hari, berarti kan tanggal 3 (Oktober) bisa kami daftarkan," ucapnya. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga