Pengunjung Bisa Nikmati Berdayung di Napabale, Ini Daftar Harganya

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 26 Februari 2024
0 dilihat
Pengunjung Bisa Nikmati Berdayung di Napabale, Ini Daftar Harganya
Stand up paddle boarding dihadirkan di Danau Napabale, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar danau. Foto: Ist

" Sempat sunyi dan tak berpengunjung, pemuda Lohia, Muna inisiatif ramaikan Danau Napabale dengan membuka wahana berkeliling danau menggunakan stand up paddle board "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sempat sunyi dan tak berpengunjung, pemuda Lohia, Muna inisiatif ramaikan Danau Napabale dengan membuka wahana berkeliling danau menggunakan stand up paddle board.

Salah satu anggota tim pemuda Lohia, Teguh mengatakan, diadakannya stand up paddle ini sejak dua bulan lalu, karena ia dan kawannya melihat wisata Napabale sudah tak ramai lagi dikunjungi.

Maka, kata dia, pemuda Lohia berinisiatif mengadakan wahana bersampan keliling danau.

"Kami searching di media sosial dan ketemulah wahana ini yang dirasa cocok karena teduh atau tidak berombak," ujarnya, Minggu (25/2/2024).

Untuk percobaan pertama, kata Teguh, pihaknya mengadakan empat unit stand up paddle, setelah dilihat banyak pengunjung yang berminat ia kembali menambah jumlah unit stand up paddle tersebut.

Baca Juga: Danau Napabale Muna Dibanjiri Pengunjung saat Libur Lebaran

Maka saat ini, tambah dia, pengunjung Napabale kembali ramai baik di akhir pekan maupun saat hari biasa.

Untuk sewa stand up paddle ini yaitu 30 menit per Rp 30 ribu dan Rp 50.000 per jam. Namun ada paket menarik yaitu pengunjung dapat menyewa stand up padel dengan di dokumentasi oleh drone yakni Rp 50.000 per 5 menit terbang.

Tak hanya itu, disediakan pula jasa dokumentasi menggunakan handphone tarifnya sebanyak Rp 30.000 per 15 menit.

Dari bisnis stand up paddle tersebut tim pemuda Lohia itu bisa meraup omset sebanyak kurang lebih Rp 1 juta saat hari biasa dan Rp 3 juta saat weekend.

Sementara itu, pengunjung merasa senang dengan adanya wahana baru yang dibuka di danau Napabale sehingga saat berkunjung tidak monoton kegiatan untuk dilakukan misalnya keliling dengan menggunakan perahu atau berenang menggunakan ban.

"Kalau keliling dengan perahu sudah biasa dilakukan. Ini berbeda, kita sendiri yang kendalikan apalagi dokumentasinya menggunakan drone," ujar salah satu pengunjung, Fitri.

Selanjutnya, pengunjung juga merasa senang dengan pelayanan yang diberikan oleh tim pemuda Lohia, karena saat keliling danau pengunjung diberikan walky talky untuk mengecek keadaan pengunjung atau memberi informasi terkait waktu yang diberikan telah habis.

Baca Juga: Keindahan Danau Napabale Muna Tarik Wisatawan saat Libur Lebaran

"Ini yang buat kami penasaran datang di Napabale karena ada lagi wahana baru," pungkas Awal.

Untuk diketahui, selain menggunakan stand up paddle, di Danau Napabale juga pengunjung bisa menikmati pemandangan keliling danau dengan menggunakan perahu dan pengunjung bisa menikmati pemandangan pasir putih dengan melalui terowongan.

Namun, pemuda Lohia berharap agar danau Napabale tersebut tetap diperhatikan oleh pemerintah daerah agar banyak diminati oleh pengunjung, terlebih masih banyaknya fasilitas yang kurang memadai misalnya jalan rusak sehingga akses menuju Napabale kurang menarik, jaringan seluler, listrik yang belum memadai, dan fasilitas lainnya yang perlu diadakan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga