Pengusaha Tambang Ini Bertekad Majukan Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 25 Mei 2024
0 dilihat
Pengusaha Tambang Ini Bertekad Majukan Muna Barat
Calon Bupati Muna Barat, La Ode Darwin sedang bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Foto: Ist.

" La Ode Darwin merupakan salah satu bakal calon Bupati Muna Barat yang lahir di Kontumolepe tepatnya 17 Juli 1985, anak dari pasangan La Ode Rukmini dan Wa Ode Bariah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - La Ode Darwin selama ini dikenal sebagai pengusaha sektor tambang. Tekadnya yang kuat untuk menjadi Bupati Muna Barat, didasari oleh keinginannya untuk membangun Muna Barat.

La Ode Darwin merupakan salah satu bakal calon Bupati Muna Barat yang lahir di Kontumolepe tepatnya 17 Juli 1985, anak dari pasangan La Ode Rukmini dan Wa Ode Bariah.

La Ode Darwin kecil dididik dalam keluarga sederhana. Ayahnya berprofesi sebagai guru dan ibunya ibu rumah tangga. Selain itu, kedua orang tuanya juga menjalani keseharian dengan bertani atau berkebun.

Ia menghabiskan masa kecil hingga remajanya di Kecamatan Kusambi, dapat dilihat dari pendidikan yang ditempuhnya yaitu saat sekolah dasar ia menempuh pendidikan di SD Negeri 7 Kusambi, kemudian melanjutkan ke jenjang SMPN 1 Kusambi, setelah lulus SMP ia bersekolah di SMAN 1 Kusambi.

Saat lulus SMA, La Ode Darwin melanjutkan pendidikannya di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian.

Selama menempuh pendidikan, La Ode Darwin juga berkecimpung di organisasi yaitu sebagai kader HMI, kemudian sebagai anggota BEM Universitas Halu Oleo di tahun 2007-2008. Tak hanya itu, ia juga pernah menjabat Ketua MPM Universitas Halu Oleo di tahun 2008-2009, dan sebagai pengurus KNPI Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Bangun Kampung Halaman, Mantan Karyawan Bank Ini Siap Tarung di Pilkada Muna Barat

Tak hanya aktif di dunia organisasi, karir La Ode Darwin juga terbilang cemerlang, dapat dilihat bahwa di tahun 2015-2018 ia menjabat sebagai Direktur PT. Panca Logam Makmur Arga, kemudian di tahun 2019 hingga saat ini ia menjabat sebagai direktur PT Arga Morini.

Selanjutnya, ia juga menjabat sebagai Direktur PT. Bakti Pertiwi Nusantara dari tahun 2020 hingga saat ini. La Ode Darwin dikenal sebagai sosok yang memiliki ketekunan, kejujuran, dan komitmen yang tinggi terhadap mitra kerjanya, sehingga usahanya terus berkembang dibuktikan dengan dirinya memimpin berbagai perusahaan di sektor pertambangan.

"Sosok Darwin di mata masyarakat sudah sangat familiar, tentunya beberapa program telah kami rasakan, misalnya Mubar Tumbuh," ujar salah satu warga Muna Barat, La Binsa, Sabtu (25/5/2024).

Program yang telah digaungkan oleh La Ode Darwin yaitu Mubar Sehat yang berkaitan dengan program kesehatan bagi masyarakat, Mubar Tumbuh bergerak di bidang pendidikan, dan program Petani Keren.

Ia juga dikenal sebagai sosok yang sederhana sehingga masyarakat dari semua kalangan, menerimanya dan mendukung sebagai calon bupati di Pilkada Muna Barat.

Keseriusannya untuk menjadi Bupati Muna Barat, dibuktikan dengan dirinya telah mendaftarkan diri di beberapa partai yang telah membuka penjaringan calon kepala daerah yaitu PDIP, NasDem, PKB, dan telah ditetapkan oleh beberapa partai, salah satunya Partai Golkar.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua DPD II Golkar Muna Barat, Uking Djassa bahwa pihaknya tidak membuka penjaringan. Balon bupati sudah ditetapkan ke Darwin (DW) melalui rapimda dan telah memegang surat tugas dari DPP.

Baca Juga: Gugatan Ditolak MK, AJB Menatap Pilkada Muna

Kini, partai tengah melakukan survei terhadap elektabilitas DW. Ia menegaskan, survei itu bukan untuk mengganti balon, melainkan mengukur tingkat penerimaan masyarakat. Bila ada kelemahan, tinggal diperbaiki.

"Jadi kami berharap jangan lagi ada yang klaim Golkar. Pintu Golkar sudah milik DW," tegasnya.

Saat ini, Golkar bersama beberapa partai lainnya yang telah menyatakan dukungan terhadap DW akan duduk bersama untuk mencari pendamping (02). (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga