Pentingnya Pengembangan Kewirausahaan di Pondok Pesantren

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 27 Januari 2022
0 dilihat
Pentingnya Pengembangan Kewirausahaan di Pondok Pesantren
Foto bersama Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu saat menjadi narasumber dalam sebuah kegiatan yang digelar Pondok Pesantren Lingkup Kanwil Kemenag Sultra. Foto: Ist

" Orang yang akan sukses dalam menapaki kehidupannya adalah mereka yang tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan saja "

KENDARI, TELISIK.ID - Orang yang akan sukses dalam menapaki kehidupannya adalah mereka yang tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan saja, melainkan juga memiliki keterampilan serta kemampuan bersosial dengan didukung akhlak yang baik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, La Ode Haji Polondu saat menjadi narasumber dalam sebuah kegiatan yang digelar Pondok Pesantren Lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenag Sultra).

Orang nomor satu BLK Kendari tersebut, memberikan motivasi agar pondok pesantren semakin meningkatkan keterampilan santri dan santriwati yang diasuh sehingga kelak menjadi insan yang multi talenta

"Menguasai ilmu agama Islam, memiliki pengetahuan umum, memiliki ketrampilan serta dapat  mengembangkan kewirausahaan di tengah masyarakat," katanya.

Merujuk pada Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

"Atas dasar ini pula, maka pendidikan di pondok pesantren yang dilaksanakan sesuai amanah Undang-Undang menjadi hal yang penting untuk ditingkatkan," jelasnya.

Lanjut ia mengatakan, pondok pesantren selain sebagai lembaga yang mengajarkan kepada santri tentang ilmu agama, juga di era sekarang ini santri di harapkan mempunyai motivasi untuk berwirausaha agar dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

"Peran pondok pesantren adalah dengan mengetahui dimana minat santrinya kemudian menumbuhkan motivasi kepada santri untuk meningkatkan ketrampilan serta berwirausaha mandiri," ujarnya.

Baca Juga: UHO Terima Penghargaan Pelaksana Anggaran Terbaik, Kategori Satker Pagu Besar di Atas Rp 100 Miliar

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) ini juga menyampaikan tentang pentingnya memiliki keterampilan.

Pasalnya, ketika memasuki era globalisasi di Era Revolusi Industri 4.0, peranan manusia akan berkurang karena akan  digantikan oleh mesin.

Baca Juga: Kekurangan Guru Hampir Tiap Tahun Terjadi di Kendari, Dikmudora Beberkan Penyebabnya

Banyak dari pekerjaan yang ada saat ini akan hilang dan akan digantikan oleh jenis pekerjaan baru,  teknologi berubah dengan cepat, maka kita pun harus cepat pula beradaptasi dengan perubahan  jika tidak ingin tertinggal dan digilas oleh pesatnya perubahan itu. (C)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga