Penurunan Stunting di Kolaka Timur Terus Digenjot Lewat Mini Lokakarya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 19 Juli 2024
0 dilihat
Penurunan Stunting di Kolaka Timur Terus Digenjot Lewat Mini Lokakarya
BKKBN Sultra saat memaparkan program mini lokakarya di Koltim. Foto: Ist.

" Upaya penurunan angka prevalensi stunting tentu saja membutuhkan sinergitas dari berbagai pihak "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 mencatatkan prevalensi stunting di Sulawesi Tenggara berada pada angka 30,0 persen dan target secara nasional yang harus dicapai pada 2024 adalah 14 persen. Artinya, harus diturunkan 16 persen.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, angka stunting di Kolaka Timur saat ini masih 31,3 persen. Upaya penurunan angka prevalensi stunting tentu saja membutuhkan sinergitas dari berbagai pihak.

Untuk itu, Dinas Pengendalian Penduduk Kabupaten Kolaka Timur mencoba mengajak stakeholder tingkat kecamatan, dalam hal ini camat, untuk menguatkan pelaksanaan kegiatan Mini Lokakarya tingkat kecamatan.

Pertemuan yang dibuka Camat Tirawuta yang diwakili oleh Kasi Kesra Kecamatan Tirawuta, Sajerah, Kamis (18/7/2024), dihadiri kapus, mitra, penyuluh KB, Kepala OPD KB Kabupaten Koltim serta perangkat desa.

Dalam sambutannya Sajerah berharap adanya kolaborasi dan upaya yang sinergis antara Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), OPD KB, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB/PLKB), Kepala Puskesmas, dan Tim Pendamping Keluarga (TPK). Ini agar koltim dapat mencapai target stunting, dan ke depan akan memiliki generasi emas.

Baca Juga: Pemkot Kendari Kebut Target Nasional Penurunan Angka Stunting 2024

Lanjut Sajerah menambahkan bahwa peran TPPS perlu dioptimalkan lagi. Juga perlu komitmen dari level desa, kecamatan, kabupaten. Salah satu peran TPPS di tingkat kecamatan adalah mini lokakarya stunting.

Sedangkan Kepala OPD KB, Kolaka Timur, Jumaeda, dalam sambutannya mengatakan, mini lokakarya stunting (minilok) merupakan kegiatan pertemuan di kecamatan yang diinisiasi dan dipimpin oleh camat selaku Ketua Pelaksana Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan.

Minilok ini dalam rangka mengawal dan mengevaluasi pelaksanaan pendampingan keluarga dan hasil pemantauan pendampingan keluarga di tingkat kecamatan. Momen ini menjadi wadah bagi Ketua TPPS kecamatan dalam mengoordinasikan, mensinergikan akselerasi penurunan stunting di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Pemkot Kendari Sambangi Warga yang Alami Stunting

Pada kegiatan ini, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja Advokasi dan Humas BKKBN Sultra, Mustakim, turut memberi sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan upaya untuk menyediakan data keluarga berisiko stunting yang valid, akurat, dan terbarukan.

Data ini menjadi peta operasional dan peta sasaran yang digunakan oleh pemerintah dan pemerintah daerah dalam merencanakan dan melaksanakan program percepatan penurunan stunting.

Mustakim berharap seluruh jajaran pemerintah daerah dalam hal ini camat dan OPD KB Kabupaten dapat memfasilitasi pelaksanaan verval ini agar dapat berjalan dengan lancar dan mampu menjaring data seluruh keluarga berisiko stunting yang ada di Kabupaten Kolaka Timur. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga