Pepabri Jawa Timur Dukung Kesejahteraan Purnawirawan TNI dan Warakawuri Ditambah

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Sabtu, 18 November 2023
0 dilihat
Pepabri Jawa Timur Dukung Kesejahteraan Purnawirawan TNI dan Warakawuri Ditambah
Ketua Pepabri Jawa Timur, Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagyo mengatakan, pihaknya mendukung penuh rencana KSAD Jenderal Agus Subiyanto yang ingin kesejahteraan prajurit TNI ditingkatkan termasuk purnawirawan dan warakawuri. Foto: Ist.

" Ketua Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) Jawa Timur, Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagyo mengatakan, pihaknya mendukung penuh rencana Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto, yang ingin kesejahteraan prajurit TNI ditingkatkan termasuk purnawirawan dan warakawuri "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ketua Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) Jawa Timur, Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagyo mengatakan, pihaknya mendukung penuh rencana Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto, yang ingin kesejahteraan prajurit TNI ditingkatkan termasuk purnawirawan dan warakawuri.

"Mendukung penuh karena ini menyangkut kesejahteraan anggota," jelas mantan Pangdam Bukit Barisan ini, Sabtu (18/11/2023).

Menurut pria kelahiran Kertosono ini, dengan ditambahnya kesejahteraan bagi personel tentunya akan menumbuhkan semangat dan moril ketika bertugas di lapangan.

"Hal yang sama tentunya juga berarti bagi purnawirawan dan warakawuri untuk menambah kesejahteraan di hari tua," terang mantan Gubernur Akmil ini.

Baca Juga: Banyak Daerah di Jawa Timur Masih Miskin, Sekdaprov: Itu hanya Disparitas Penganggaran Kemiskinan

Dijabarkan oleh Istu, khusus untuk purnawirawan, pemberian kesejahteraan tersebut sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan pengorbanan terhadap bangsa dan negara selagi masih bertugas.

“Terkait kesejahteraan, semua jasa serta pengorbanan para pejuang dan senior TNI tentunya dengan pemberian kesejahteraan tersebut sebagai penghargaan penuh dan perhatian kepada para purnawirawan dan warakawuri,” ujarnya.

Pria yang juga Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur ini mengatakan pada saat postur, kekuatan, kapabilitas dan kesiagaan para prajurit TNI makin tinggi, maka kesejahteraan sebagai komponen utama sistem pertahanan negara juga harus ditingkatkan.

"Bagaimanapun, kesejahteraan prajurit itu harus terus ditingkatkan, termasuk penghasilan para prajurit, purnawirawan, veteran, dan warakawuri," kata politisi Golkar ini.

Sebelumnya, Ketua DPP Pepabri, Jendral TNI (Purn) Agum Gumelar mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengajukan  peningkatan kesejahteraan para purnawirawan dan warakawuri.

Baca Juga: Masih Jabat Gubernur Jawa Timur, Khofifah Tak Kunjung Gabung Tim Prabowo-Gibran

Agum Gumelar juga menyatakan, pihaknya telah menyusun usulan kepada Presiden dan berharap dapat diberikan kebijakan mengenai hal tersebut.

“Ini policy dari Menteri Keuangan tentunya yang kita harapkan. Ini kami sudah membuat proposalnya dan kami akan sampaikan kepada Bapak Presiden,” ujarnya.

Sekedar diketahui, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto ingin kesejahteraan prajurit TNI ditingkatkan. Hal itu disampaikan Agus Subiyanto saat memaparkan visi misi dalam fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI di depan Komisi I DPR RI.

“Berbagai tunjangan prajurit di daerah operasi masih perlu mendapatkan perhatian, termasuk fasilitas perumahan, pendidikan, dan kesehatan yang layak juga diperlukan bagi prajurit dan keluarganya,” ujar Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, beberapa hari lalu. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga