Perdana, Hasil Laut di Buton Merambat ke Pulau Jawa

Febriyani, telisik indonesia
Senin, 18 Maret 2024
0 dilihat
Perdana, Hasil Laut di Buton Merambat ke Pulau Jawa
Belasan ton ikan beku berhasil dikirim ke Pulau Jawa. Foto: Ist.

" Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Buton terus berkomitmen dan berupaya mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mendorong kesejahteraan masyarakat "

BUTON,TELISIK.ID - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Buton terus berkomitmen dan berupaya mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

Belum lama ini, Kadin Buton di bawah kepemimpinan LM. Sumarlin bersama PT Buton Samudera Sejahtera, bekerjasama PT Pelni Baubau mengirim belasan ton perikanan ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur. Hasil perikanan Kabupaten Buton tersebut berupa ikan beku sebanyak 16 ton.

Ketua Kadin Buton LM. Sumarlin mengatakan, pengiriman ikan beku ke Surabaya merupakan hasil kolaborasi Kadin Buton yang melibatkan banyak sektor dalam memanfaatkan sejumlah peluang usaha bagi masyarakat dan mahasiswa Buton yang ada di Jawa Timur.

"Tahap awal, pada Sabtu (16/3/2024), Kadin Buton baru mengirim sekitar 16 ton ikan dengan jenis ikan pelagis yaitu ikan layang, ikan cakalang, ikan deho (tongkol) dan beby tuna dan ikan campuran,” jelasnya, Senin (18/3/2024).

Baca Juga: Sempat Diperiksa Bawaslu, Caleg DPRD Buton Ini Terbukti Tak Lakukan Money Politik

Pengusaha di bumi penghasil aspal ini mengaku, akan terus mendukung pembangunan ekonomi masyarakat yang mengedepankan semangat gotong royong, kolaborasi yang inklusif, menciptakan wirausaha lokal yang saat ini berada di perantauan, salah satunya para mahasiswa yang ada di Jawa Timur.

“Harapannya 20 persen cargo kita berikan kesempatan buat anak mahasiswa Buton yang kuliah di daerah Jawa atau para masyarakat Buton di perantauan untuk menjadi mitra penjualan ikan beku atau frozen fish,” pungkasnya.

Pengusaha sukses asal Buton ini menambahkan, Kadin Buton akan terus berupaya membantu para pelajar yang ada di Jawa Timur sehingga mereka memiliki penghasilan tambahan untuk menyelesaikan studinya.

Misi Kadin Buton adalah untuk menciptakan lapangan kerja dan pengusaha baru yang ada di Buton. Pasalnya, pengolahan secara mandiri potensi sumber daya alam maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa meningkat drastis.

Sumarlin juga mengatakan, industri perikanan juga harus didukung agar terus berkembang, tidak hanya pada sektor pertanian dan pertambangan. Apalagi kata dia, Kabupaten Buton diketahui memiliki potensi sumber daya perikanan yang melimpah.

Baca Juga: Ulat Grayak Serang Ribuan Tanaman Jagung di Buton Selatan

"Kita di Kabupaten Buton ini memiliki banyak potensi, apalagi Buton ini ikannya sangat banyak sekali dan melimpah ruah. Tentu ini harus kita dukung agar sektor industri perikanan terus berkembang sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Dengan terobosan baru ini, nelayan di Buton berharap hal ini akan terus berkelanjutan, sehingga nantinya ini bisa menjadi kesejahteraan bagi para nelayan.

"Kami bersyukur jika ikan di Buton bisa merambat ke pulau Jawa. Jadi kalau akan banyak permintaan otomatis akan banyak yang di ekspor semoga hasil laut Buton terus berlimpah," katanya.

Ia berterimakasih kepada Kadin Buton yang memperhatikan nasib nelayan, juga kepada pemda Buton yang telah memberikan sarana melaut bagi nelayan. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga