Perempuan Dominasi Jumlah Pemilih Pilkada di Kota Kendari

Siti Nabila, telisik indonesia
Kamis, 10 Oktober 2024
0 dilihat
Perempuan Dominasi Jumlah Pemilih Pilkada di Kota Kendari
Ketua KPU Kota Kendari saat di minta tanggapan pers. Foto: Nabila/Telisik

" Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Jumwal Saleh, mengungkapkan bahwa perempuan mendominasi jumlah pemilih pada Pilkada Serentak 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Jumwal Saleh, mengungkapkan bahwa perempuan mendominasi jumlah pemilih pada Pilkada Serentak 2024.

Dari total 238.683 pemilih terdaftar yang tersebar di 11 kecamatan dan 65 kelurahan, sebanyak 121.655 di antaranya adalah perempuan, sedangkan 117.028 adalah laki-laki.

Berdasarkan data tersebut, Jumwal menekankan pentingnya perhatian khusus terhadap pemilih perempuan dalam proses sosialisasi Pilkada.

Baca Juga: Keamanan Kantor KPU dan Bawaslu Kendari Diperketat Jelang Pilkada

"Perempuan mendominasi daftar pemilih di Kota Kendari, sehingga kami memberikan perhatian khusus kepada segmen ini dalam sosialisasi Pilkada. Kami ingin memastikan perempuan terlibat aktif dan memahami betul pentingnya menggunakan hak pilih mereka," ujar Jumwal, Kamis (10/10/2024).

Lebih lanjut, Jumwal Saleh mengatakan KPU Kendari telah merancang program sosialisasi yang ditujukan khusus untuk perempuan guna meningkatkan kesadaran politik dan partisipasi mereka dalam Pilkada 2024.

"Program ini mencakup edukasi tentang pentingnya pemilu yang jujur dan adil, serta bagaimana perempuan dapat memainkan peran besar dalam menentukan arah politik daerah," tambahnya.

Selain itu, Jumwal menekankan pentingnya afirmasi bagi keterlibatan perempuan dalam penyelenggaraan pemilu.

Baca Juga: Gen Z Jadi Penentu Pilkada 2024, KPU Ajak Pemilih Cerdas

"Kami juga memberikan ruang lebih besar bagi perempuan dalam badan penyelenggara pilkada, mulai dari tingkat KPU hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS). Ini adalah langkah afirmatif yang kami lakukan untuk memastikan keterlibatan perempuan tidak hanya sebagai pemilih, tetapi juga sebagai pelaksana pemilu," jelasnya.

Peningkatan jumlah pemilih perempuan ini diperkirakan akan memengaruhi fokus kampanye para kandidat Pilkada, terutama terkait isu-isu seperti kesejahteraan, kesehatan, dan pendidikan.

Dengan dominasi pemilih perempuan, KPU berharap Pilkada 2024 di Kota Kendari akan lebih inklusif dan membawa perubahan positif bagi seluruh masyarakat. (C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga