Peringati HUT Kemerdekaan ke-78 RI, Rektor UHO: Perjuangan dalam Pendidikan Belum Selesai

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 17 Agustus 2023
0 dilihat
Peringati HUT Kemerdekaan ke-78 RI, Rektor UHO: Perjuangan dalam Pendidikan Belum Selesai
Pembacaan naskah Undang-Undang Dasar 1945 saat upacara HUT kemerdekaan ke-78 RI di Lapangan Rektorat UHO. Foto: Ist.

" Dalam upacara HUT kemerdekaan ke-78 RI tahun ini, Rektor UHO bersama para pejabat menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah, sebagai simbol kekayaan budaya di Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan ke-78 RI dengan menggelar upacara di Lapangan Rektorat UHO, yang diikuti seluruh pejabat, karyawan dan tenaga pengajar UHO.

Rektor UHO bersama para pejabat lingkup UHO menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah, sebagai simbol kekayaan budaya di Sulawesi Tenggara. Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.

Dalam amanatnya, Nadiem Makarim mengatakan, dari para pendahulu, bangsa kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan itu masih kita teruskan sampa hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah kita gerakkan selama empat tahun terakhir.

"Layaknya perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan Republik Indonesia, Merdeka Belajar juga digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong. Kolaborasi dalam menghadirkan transformasi telah melahirkan banyak perubahan terbesar dalam perjalanan dunia pendidikan di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Upacara HUT ke-78 RI, Jalan Menuju Istana Merdeka Ditutup 24 Jam

Dia menambahkan, dengan implementasi Kurikulum Merdeka, para peserta didik dan para pendidik kita sekarang telah merasakan keleluasaan dalam belajar dan mengajar. Kemerdekaan tersebut sudah dirasakan di lebih dari 250 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Rektor UHO bersama para penjabat lingkup Universitas Halu Oleo menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah saat upacara memperingati HUT kemerdekaan ke-78 RI. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

 

Orang nomor 1 UHO itu menegaskan, perjuangan kita di bidang pendidikan belum selesai. Mari terus galakkan program Menteri Pendidikan, Merdeka Belajar di seluruh satuan pendidikan sehingga pendidikan indonesia semakin maju dan bisa berkontribusi dalam kemajuan NKRI.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 UHO, La Hamimu mengatakan, saat ini sudah masuk di tahun ke-4 Merdeka Belajar, mahasiswa di setiap perguruan tinggi diberikan kebebasan untuk belajar sejauh mereka mau.

Baca Juga: Satu Pasukan Paskibraka Muna Tumbang

"Semoga kita bisa mengisi kemerdekaan ini dengan betul-betul belajar dengan baik bagi para dosen dan mahasiswa untuk mengikuti perkembangan teknologi saat ini," ujar La Hamimu saat ditemui setelah upacara berlangsung.

Sedangkan, Wakil Rektor II, Weka Widayati mengatakan, makna kemerdekaan merupakan suatu kondisi yang membuat kita bisa berkembang dan berkreasi secara bebas, tapi terbatas dan mempunyai aturan-aturan.

"Kita Bisa mengaktualisasikan kompetensi dan bisa mengembangkan kreatifitas di lingkungan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab," tambahnya. (A-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga