adplus-dvertising
Logo Telisik.id

Perkiraan Jatuhnya Malam Lailatul Qadar Ramadan Tahun Ini

1463 dibaca Perkiraan Jatuhnya Malam Lailatul Qadar Ramadan Tahun Ini

Ilustrasi malam lailatul qadar. Foto: Ist.

" Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al-Quran] pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu [penuh] kesejahteraan sampai terbit fajar"

JAKARTA, TELISIK.ID - Malam lailatul qadar merupakan malam yang amat mulia, dan hanya terdapat di bulan Ramadan. Kemuliaan malam itu digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Namun tidak ada yang tahu pasti kapan malam lailatul qadar terjadi. Kendati demikian, Rasulullah SAW sudah mengisyaratkan bahwa malam lailatul qadar akan jatuh pada salah satu di antara 10 malam terakhir Ramadan.

Dari sejarahnya, malam lailatul qadar merupakan momen ketika Al-Qur'an diturunkan dari Lauh Al-Mahfuz ke Baitul Izzah atau langit dunia, sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-Qadr ayat 1-5:

Baca Juga: 5 Ciri Pemuda Ideal dalam Islam

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al-Quran] pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu [penuh] kesejahteraan sampai terbit fajar," (QS. Al-Qadr [97]: 1-5).

Dilansir dari NU Online, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk mencari malam lailatul qadar dan mengisinya dengan ibadah.

Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan Aisyah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: "Carilah lailatul qadar itu pada tanggal ganjil dari 10 hari terakhir bulan Ramadan," (H.R. Bukhari).

Apabila mengacu pada petunjuk Nabi Muhammad SAW tersebut, malam lailatul qadar akan jatuh pada malam-malam tanggal 21, 23, 25, 27 atau 29 Ramadan 1442 H.

Sementara itu, jika dilihat dari penanggalan masehi, maka malam lailatul qadar akan jatuh pada salah satu di antara malam 3, 5, 7, 9, atau 11 Mei 2021.

Baca Juga: 7 Profesi Perempuan di Awal Islam

Sementara itu melansir Suara.com jaringan Telisik.id, jadwal lailatul qadar menurut Syeikh Abu Hasan asy-Syadzili:

turunnya lailatul qadar bisa ditentukan dan disesuaikan dengan hari pertama jatuhnya bulan Ramadan. Jika Ramadan jatuh pada hari Sabtu, maka lailatul qadar kemungkinan besar muncul di tanggal 23 Ramadan.

Lalu bagaimana dengan Ramadan tahun ini. Kita ingat, Ramadan tahun ini dimulai pada hari Selasa, 13 April 2021. Berdasarkan itu, maka insya Allah lailatul qadar akan jatuh di tanggal 27 Ramadan, yang bertepatan dengan hari Minggu atau Senin, tanggal 9 atau 10 Mei 2021. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video