adplus-dvertising

Permandian Gua Maobu, Destinasi Wisata Favorit di Buton Tengah

Mutarfin, telisik indonesia
Minggu, 17 Mei 2020
0 dilihat
Permandian Gua Maobu, Destinasi Wisata Favorit di Buton Tengah
Permandian Gua Maobu. Foto: Mutarfin/ Telisik

" Memang benar saat ini permandian Gua Maobu telah masuk dalam kategori destinasi wisata yang dikelola Pemda Buteng. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra)  merupakan daerah dengan destinasi wisata yang belum banyak diketahui banyak orang. Salah satunya adalah permandian Gua Maobu.

Berbentuk gua dengan tekstur tanah berbatu krust, tak heran permandian yang terbentuk karena bongkahan batu serta berdampingan langsung dengan laut, menjadikan Gua Maobu sebagai wisata andalan di Buteng yang dijuluki negeri seribu gua ini.

Permandian ini terdiri dari bongkahan batu krust, dengan diameter kurang lebih 20-30 meter membentuk sebuah kolam alami yang berisikan air payau yang begitu jernih nan dingin.

Diperkirakan kedalaman air mencapai 5-8 meter. Dari ketinggian, kita dapat melihat sebagian dasar dari permandian ini.

Warna airnya yang biru menyatu dengan alam serta dikelilingi batuan yang membentuk relief seperti di dalam sebuah gua, menambah eksotisme dari permandian Maobu.

Baca juga: Sembuh, Tiga Pasien COVID-19 Diserahkan ke Keluarga

Perjalanan Telisik.id menelusuri sejumlah destinasi wisata di Buteng, dimulai pada hari Sabtu 16 Mei 2020 dengan menikmati keindahan dinginnya air permandian Maobu.

Berdampingan langsung dengan laut dan jalan poros Labuangkari- Mawasangka, membuat pemandian ini sangat mudah dijangkau dan tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk menikmati keindahannya.

Bagi Anda yang ingin menguji adrenalin dengan bermain air di tempat ini, harus pandai berenang serta siap menahan dinginnya air dari permandian Maobu.

Permandian ini terletak di Desa Lalibo, Kecamatan Mawasangka Tengah. Bagi pengunjung yang ingin kesini dapat diakses menggunakan roda dua maupun roda empat.

Baca juga: 18 Orang Positif COVID-19 di Buteng Jalani Karantina di Rumah

Saat ini permandian Maobu telah masuk kategori tempat wisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Buton Tengah dalam hal ini Dinas Pariwisata. Hal itu diungkapkan Kadis Pariwisata Buteng, Wujuddin.

"Memang benar saat ini permandian Gua Maobu telah masuk dalam kategori destinasi wisata yang dikelola Pemda Buteng," ungkapnya Minggu (17/5/2020).

Bagi pengunjung yang akan kesini tak perlu ragu lagi sebab di tempat wisata yang satu ini telah dilengkapi fasilitas umum seperti toilet dan lainnya. Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung cukup membayar harga parkir saja sebagai biaya masuk.

Bagi anda penggila wisata, tidak ada salahnya wisata permandian Maobu menjadi salah satu list kunjungan untuk mengisi liburan akhir pekan bersama sahabat dan keluarga.

Reporter: Mutarfin

Editor: Rani

Baca Juga