Permandian Kalima-lima Moolo Muna Tawarkan Air Terjun di Atas Batu Tersusun Lima

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 21 November 2023
0 dilihat
Permandian Kalima-lima Moolo Muna Tawarkan Air Terjun di Atas Batu Tersusun Lima
Indahnya wisata permandian Kalima-lima di Desa Moolo, Kabupaten Muna. Foto: Ist.

" Permandian Kalima-lima, salah satu objek wisata yang tersembunyi di Kabupaten Muna. Letaknya, di Desa Moolo, Kecamatan Batukara "

MUNA, TELISIK.ID - Permandian Kalima-lima, salah satu objek wisata yang tersembunyi di Kabupaten Muna. Letaknya, di Desa Moolo, Kecamatan Batukara.  

Permandian yang menawarkan air terjun dengan batu tersusun rapi itu, kini mulai banyak diminati wisatawan.

Pemerintah Daerah (Pemda) Muna pun mensuport wisata permandian air tawar itu. Tahun 2024, pemda akan mengalokasi anggaran sebesar Rp 200 juta.

Baca Juga: Warkop 46 Infinite Coffee, Tongkrongan Nuansa Outdoor Klasik di Kota Kendari

"Kita anggarkan buat pembangunan jembatan dan deker, untuk mempermudah akses menuju lokasi," kata Bupati Muna, LM Rusman Emba, Selasa (21/11/2023).

Mantan senator DPD RI itu yakin, dengan keindahan alam di permandian Kalima-lima dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Karenanya, ia berpesan pada masyarakat Desa Moolo agar tetap menjaga kelestarian alam di sekitar permandian.

"Ini aset. Selain bisa menambah pengahasilan daerah dan desa, juga dapat meningkatkan perekonimian masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Moolo, Natsir menerangkan, permandian Kalima-lima pertama kali ditemukan pada tahun 1997. Letaknya, tidak terlalu jauh dari pemukiman warga. Dari jalan raya, jaraknya hanya sekitar kurang lebih 3 Km. Saat ini, mobil bisa masuk hingga ke dalam.

Baca Juga: Semak Belukar Diubah jadi Lokasi Wisata Kuliner, Sajikan Nuansa Alam Pedesaan Konawe Selatan

Dinamakan permandian Kalima-lima, karena batunya tersusun lima buah yang menjadi pegangan tangan. Airnya jernih yang bersumber dari pegunungan.

"Kedalamanya sekitar 12 meter," sebutnya.

Melalui Dana Desa (DD) tahun ini sebesar Rp 210 juta telah dilakukan pembukaan akses jalan sepanjang 2,1 Km. Nah, tahun depan (2024), ia kembali akan mengalokasikan DD untuk pembangunan vila, gazebo, lahan parkir dan pangkalan ojek.

"Kami juga apresiasi suport dari pemda yang akan mengalokasikan anggaran," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga