adplus-dvertising

Permandian Matakidi Ramai Dikunjungi Warga Mubar Sehari Jelang Ramadan

Amsir, telisik indonesia
Minggu, 03 April 2022
460 dilihat
Permandian Matakidi Ramai Dikunjungi Warga Mubar Sehari Jelang Ramadan
Permandian Matakidi dengan airnya yang kebiruan. Foto: Amsir/Telisik

" Umumnya masyarakat Mubar memiliki kebiasaan mengunjungi tempat-tempat wisata seperti sungai atau pantai, sehari menjelang Ramadan, untuk sekedar mandi-mandi "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Lokasi wisata Permandian Matakidi di Muna Barat dipadati pengunjung sehari menjelang Ramadan. Permandian Matakidi merupakan permandian yang airnya bersumber dari mata air dan membentuk sebuah kolam alam dengan kedalaman kurang lebih 2 meter.

Permandian yang terletak di Desa Barangka, Kecamatan Lawa itu ramai dikunjungi wisatawan baik dari Mubar maupun dari luar Mubar.

Airnya yang dingin, jernih dan kebiruan, menjadi daya tarik tersendiri. Umumnya masyarakat Mubar memiliki kebiasaan mengunjungi tempat-tempat wisata seperti sungai atau pantai, sehari menjelang Ramadan, untuk sekedar mandi-mandi.


Untuk mencapai lokasi wisata ini sangat mudah. Dari Kota Raha, ibu kota Kabupaten Muna, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 30 km melewati jalan poros Raha-Mubar menuju Desa Barangka, Kecamatan Lawa.

Selain menjadi lokasi wisata, tak sedikit pula masyarakat setempat yang menjadikan air di permandian ini sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan rumah tangga seperti mencuci dan mandi.

Salah satu warga setempat, Ayu pada saat ditemui di lokasi permandian mengatakan, tempat ini banyak dikunjungi selain untuk berwisata, juga menjadi tempat melakukan ritual.

Dia menjelaskan, tempat ini airnya sangat bersih dan dingin hanya pada saat-saat tertentu saja.

Baca Juga: Keindahan dan Keunikan Danau Napabale dengan Air Asinnya

Selain itu, sekitar 20 meter di sebelah kanan Permandian Matakidi, terdapat mata air dengan nama Ambolokidi. Mata air ini bukan untuk berenang, melainkan dijadikan lokasi ritual adat sejak zaman dahulu.

Konon tempat ini dijadikan tempat pembuangan bayi yang dilahirkan tidak sempurna dan masih banyak cerita-cerita rakyat yang berbau mitos di tempat wisata ini, mulai dari sejarah terbentuknya hingga makhluk lain penghuni lokasi kawasan wisata ini.

Namun cerita-cerita berbau mitos itu tak menyurutkan warga untuk mengunjungi tempat ini. Salah satu masyarakat dari Desa Wadaga, Lyly mengatakan, karena airnya yang jernih dan dingin, ia jadi sering ke permandian ini.

Baca Juga: Beragam Pesona Wisata Soropia yang Tak Banyak Diketahui

"Saya sering berkunjung di tempat wisata ini baik sesudah Lebaran maupun di  hari libur lainnya," ujar Lyly, Sabtu (2/4/2022).

Warga lainnya, Iwan mengatakan, mandi di Permandiaan Matakidi sangat menyenangkan karena airnya yang berwarna biru dan sangat bersih, jauh dari pencemaran. Apalagi airnya langsung bersumber dari mata air.

Untuk masuk ke tempat wisata ini pun gratis karena Pemkab Mubar belum memungut PAD dari tarif masuk permandian ini. (A)

Reporter. Amsir

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga