Permohonan Naturalisasi Pemain Belanda Berdarah Indonesia Hilgers dan Eliano Diteken Jokowi Hari Ini

Merdiyanto , telisik indonesia
Rabu, 11 September 2024
0 dilihat
Permohonan Naturalisasi Pemain Belanda Berdarah Indonesia Hilgers dan Eliano Diteken Jokowi Hari Ini
Ketua Umum PSSI Erick Thohir usai menonton Indonesia vs Australia dalam laga grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Foto: Repro Kompas.com

" Presiden Joko Widodo akan memberikan persetujuan atas permohonan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders melalui penandatanganan surat resmi, Rabu (11/9/2024) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan, Presiden Joko Widodo, akan memberikan persetujuan atas permohonan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders melalui penandatanganan surat resmi, Rabu (11/9/2024).

Hal itu disampaikan Erick Thohir usai menyaksikan pertandingan Indonesia vs Australia dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9/2024) malam.

Kedua pemain Belanda berdarah Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sedang dalam proses menjadi warga negara Indonesia seperti dikutip dari laman CNN Indonesia.

Hal tersebut dilakukan demi membela Timnas Indonesia, Mees dan Eliano tengah mengurus dokumen-dokumen untuk menjadi WNI. Erick Thohir pun berharap prosesnya lancar.

Ia mengatakan surat permohonan itu sudah ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Baca Juga: Update Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Tahan Australia 0-0, Geser Malaysia

"Mudah-mudahan semua administrasi yang ada di DPR segera. Pak Menpora sudah tanda tangan, Mensesneg sudah tanda tangan, Pak Presiden besok tanda tangan, nanti tinggal proses di DPR," kata Erick usai laga Indonesia vs Australia, Selasa.

Menteri BUMN ini berharap kedua pemain naturalisasi dapat bergabung dengan tim nasional pada laga kualifikasi berikutnya, yaitu pada tanggal 10 dan 15 Oktober 2024 melawan Bahrain dan China.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan ditandatangani surat permohonan perpindahan kewarganegaraan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders pada Rabu (11/9/2024) hari ini.

"Pak Menpora sudah tanda tangan, Mensesneg sudah tanda tangan, Pak Presiden besok (11/9/2024) tanda tangan, nanti tinggal proses di DPR supaya Oktober tanggal 10-15 mereka bisa memperkuat Indonesia untuk pertandingan di luar negeri, di Bahrain dan China," ucap Erick Thohir.

Baca Juga: Hanya 10 Pemain Arab Saudi Curi 3 Poin di China

Setelah Presiden Jokowi menandatangani permohonan naturalisasi, berkas Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan dibahas di Komisi X dan Komisi III DPR. Jika disetujui, proses akan dilanjutkan ke Rapat Paripurna DPR untuk disahkan.

Setelah itu, Presiden Jokowi akan mengeluarkan Keppres untuk pengambilan sumpah WNI oleh Eliano dan Mees.

Setelahnya, Eliano dan Mees akan membuat KTP dan dokumen kependudukan lainnya. Kemudian, PSSI akan mengurus perpindahan federasi mereka. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga