Pertama Kali, Buton Selatan jadi Lokasi KKN Mahasiswa UGM

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Senin, 10 Juni 2024
0 dilihat
Pertama Kali, Buton Selatan jadi Lokasi KKN Mahasiswa UGM
Foto bersama Pj Bupati Buton Selatan Parinringi berserta jajarannya dengan Ketua Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan UGM, Nur Rokhman. Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Buton Selatan

" Pertama kali dalam sejarah Kabupaten Buton Selatan, puluhan mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) diterjunkan untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di dua desa "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Pertama kali dalam sejarah Kabupaten Buton Selatan, puluhan mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) diterjunkan untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di dua desa.

Ketua Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan, Nur Rokhman menyebutkan, sebanyak 20 orang mahasiswa peserta KKN Tematik dari UGM akan diterjunkan pada tanggal 1 Agustus sampai dengan 19 Agustus 2024 di Kabupaten Buton Selatan.

Pada pelaksanaan program KKN oleh mahasiswa UGM juga menggandeng pihak Politeknik Baubau dalam mendukung segala macam kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UGM selama melaksanakan program KKN-Tematik di dua desa, yakni Desa Gerak Makmur dan Desa Gaya Baru.

Dengan menggandeng pihak Politeknik pada program KKN mahasiswa UGM di Buton Selatan, Rokhman berharap, program kerja (Proker) dari mahasiswanya selama 2 bulan tersebut dapat dilanjutkan oleh pihak Politeknik Baubau kedepannya.

Baca Juga: 3 Ton Beras Bersubsidi Diluncurkan di Pasar Murah Batu Atas Buton Selatan

Ia mengungkapkan, memilih Buton Selatan sebagai lokasi KKN mahasiswa UGM karena pihaknya mempunyai salah satu tugas untuk mengembangkan wilayah seluruh Indonesia.

Dimana pada implementasinya dibiayai oleh negara, oleh sebab itu, dengan berbagai pertimbangan dan potensi yang dimiliki maka Buton Selatan diputuskan menjadi lokasi tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata.

Mahasiswa yang tergabung dalam program KKN Tematik di Desa Gerak Makmur dan Gaya Baru adalah mahasiswa dengan keilmuan di bidang kesehatan, teknik, sosial budaya, dan pertanian.

"Ini baru pertama kalinya kami datang di Buton Selatan dan memilih Buton Selatan sebagai tujuan KKN mahasiswa," ungkapnya, Senin (10/6/2024).

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Kesehatan Pj Bupati Buton Selatan Resmikan 4 Posyandu Primer di Batu Atas

Pj Bupati Buton Selatan, Parinringi begitu antusias menyambut kedatangan pihak Universitas Gajah Mada beserta Politeknik Baubau dalam kerjasama kedua belah pihak tersebut.

Pada pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas tentang keberlanjutan program kerja dari mahasiswa KKN Tematik untuk Buton Selatan.

Utamanya pada kedua desa yang menjadi lokasi mahasiswa UGM melakukan KKN, yakni Desa Gaya Baru dan Desa Gerak Makmur. Terlebih di dua desa tersebut mempunyai potensi wisata dan perikanan yang begitu luar biasa.

Seperti destinasi wisata Waburi Park di Desa Gaya Baru dan sektor perikanan yang berlimpah di Desa Gerak Makmur. Untuk itu, begitu sangat diharapkan dengan adanya mahasiswa KKN dari kampus tersohor di Negeri ini dapat membantu mendorong masyarakat agar lebih sadar dalam mengembangkan potensi-potensi yang di kedua desa tersebut. (B-Adv)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga