Pesona Alam Menakjubkan Bukit Lahandu Binongko

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Senin, 29 Mei 2023
0 dilihat
Pesona Alam Menakjubkan Bukit Lahandu Binongko
Pemandangan alam yang dimiliki Bukit Lahandu begitu memukau, hijau segar memanjakan mata. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Kaya akan wisata alam, Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi, mempunyai bukit indah yang berada di ujung barat, Bukit Lahandu "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kaya akan wisata alam, Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi, mempunyai bukit indah yang berada di ujung timur. Bukit Lahandu namanya. Panorama alam yang dimilikinya begitu memukau.

Bukit yang dijuluki Bukti Teletubbies ini berlokasi di Desa Haka, Pulau Binongko, berada paling ujung sebelah timur. Jarak dari pusat Kecamatan Binongko, Kelurahan Rukuwa, sekitar 24 km dengan waktu tempuh 1 jam.

Perjalanan yang cukup jauh dari Kelurahan Rukuwa dengan akses jalanan yang sebagian rusak. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan alam Pulau Binongko dengan karakteristiknya didominasi berbatuan.

Setelah sampai di Desa Haka, terdapat 2 alternatif untuk mencapai Bukit Lahandu. Pertama, pengunjung bisa menggunakan sepeda motor, dengan kondisi jalan yang sebagian berlubang dan licin. Kedua, dengan berjalan kaki dan motor diparkir di sekitar rumah warga. Pengunjung akan menaiki beberapa anak tangga dan menyusuri jalanan yang kerap digunakan oleh masyarakat setempat untuk berkebun. Namun, pilihan kedua ini cukup melelahkan.

Salah satu pengunjung membagikan pengalamannya. Hayati menjelaskan, perjalanan menuju Bukit Lahandu dengan menggunakan motor harus berhati-hati karena jalanannya berlubang dan licin.

Baca Juga: Menjamah Puncak Labora Muna, Wisata Alam yang Belum Terekspose

"Yang paling menantang saat ke Bukit Lahandu itu jalanan yang dilewati, licin dan beberapa bagian ditemukan berlubang," jelasnya.

Ketika sampai di Bukit Lahandu, perjuangan selama perjalanan terobati. Pengunjung akan disuguhkan dengan pesona yang dimiliki. Pemandangan alam dan melihat bagaimana masyarakat setempat panen hasil kebunnya. Di sekitar bukit tidak ada pedagang, sehingga pengunjung sebaiknya membawa minuman dan makanan sendiri.

Karena keindahan alamnya, beberapa orang menjadikan Bukit Lahandu sebagai lokasi camping. Foto: Ist.

 

Jika Anda mencari tempat liburan untuk menghilangkan penat dari kesibukan, Bukit Lahandu adalah pilihan yang tepat. Jauh dari keramaian, udara segar dan keindahan yang dilengkapi dengan rerumputan hijau segar memanjakan mata. Tak jarang banyak yang mengabadikan momen dengan berswafoto.

Keindahan Bukit Lahandu dengan rerumputan hijau menambah kesan estetik di setiap foto. Hayati, merekomendasikan waktu terbaik untuk mengambil foto.

"Waktu terbaik agar menghasilkan foto yang bagus, saat siang hari. Pancaran sinar matahari dan pemandangan bukit yang hijau terlihat bagus di kamera," saran Hayati.

Bukit dengan lahan terbuka dijadikan lokasi camping oleh beberapa orang. Asrudin, salah satu pengunjung menuturkan, ia merasa takjub dengan pesona yang dimiliki Bukit Lahandu saat malam hari.

"Keren sih, karena lahan terbuka jadi bisa ngitung bintang," tulis Asrudin via WhatsApp.

Baca Juga: Menyaksikan Keindahan Alam dari Puncak Osu Mohai Konawe Selatan

Untuk mengunjungi Bukit Lahandu, pengunjung yang berasal dari luar Pulau Binongko, tidak perlu khawatir karena saat ini transportasi laut tersedia setiap hari.

Dari Pulau Wangi-Wangi, pengunjung bisa menggunakan Kapal Express. Jadwal kapal setiap hari, estimasi waktu tempuh sekitar 4 jam. Dengan rute Pulau Wangi-Wangi - Kaledupa - Tomia - Binongko.

Tersedia juga kapal dengan tarif tiket yang lebih murah, KM Sabuk Nusantara. Namun jadwal ke Pulau Binongko tidak tersedia setiap hari. (B-Adv)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga