Pesona Memukau Negeri di Atas Awan Desa Wisata Tangkeno Bombana

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Sabtu, 10 Desember 2022
0 dilihat
Pesona Memukau Negeri di Atas Awan Desa Wisata Tangkeno Bombana
Salah satu sudut destinasi Desa Wisata Tangkeno yang dapat dinikmati wisatawan. Foto: Scraanshot Youtube Jodha Lasiawa

" Sulawesi Tenggara memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawarkan pesona memukau, destinasi tersebut dapat ditemukan di Kabupaten Bombana, namanya Desa Wisata Tangkeno "

BOMBANA, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawarkan pesona memukau, destinasi tersebut dapat ditemukan di Kabupaten Bombana, namanya Desa Wisata Tangkeno, sebuah tempat wisata cantik yang menyajikan suasana khas pedesaan dan sensasi panorama keindahan alam.

Secara administratif, Desa Wisata Tangkeno terletak di Desa Tangkeno, Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Dilansir dari wisata.bombanakab.go.id, Desa Wisata Tangkenio merupakan destinasi wisata yang menjadi ikon destinasi wisata di Pulau Kabaena selain Pulau Sagori. Berada di kentiggian 700 mdpl dan memiliki udara yang sejuk dan dijuluki negeri di awan.

Baca Juga: Megahnya Air Terjun Tondopi di Bombana Tingginya Hingga 15 Meter

Posisi Desa Wisata Tangkone yang berada di ketinggian 700 mdpl membuat udara sangat dingin dengan panorama alam yang dapat memukau para wisatawan dengan kesejukan pegunungan.

Destinasi wisata alam memukau Desa Wisata Tangkeno dijuluki negeri di Awan. Foto: Celebes.id

 

Dari destinasi wisata Desa Tangkeno ini pun Telisikers bisa melihat hamparan awan, sehingga Tangkeno mendapat julukan negeri di atas awan Kabupaten Bombana. Panoramanya sudah pasti memukau kawan Telisikers.

Kepala Dinas Parisawata Kabupaten Bombana, Sri Prihatin menjelaskan, di Desa Wisata Tangkeno ini ada sebuah alun-alun yang diberi nama Plaza Tangkeno, tampat berkumpulnya wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah dan udara sejuk, Plaza Tangkeno ini berhadapan langsung dengan gunung Watu Sangia dan laut yang mana kita bisa melihat pulau Sagori dari sini.

“Wisatawan banyak berkunjung di desa ini untuk melakukan selfi mangambil gambar pemandangan alam yang cantik apalagi ketika diadakan acara wisata tahunan Fetival Tangkeno yang sering diadakan pada September setiap tahun oleh Dinas Pariwisata,” terang Kadis Pariwisata Kabupaten Bombana, Sri Prihatin, Kamis (8/12/2022).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wasriati, salah satu wisatawan yang pernah berkunjung dan menyaksikan langsung keindahan panorama alam memukau yang memberikan sensasi kenyamanan baginya dan destinasi lain yang ada di Desa Wisata Tangkeno menjadi daya tarik.

Alun-alun yang diberi nama Plaza Tangkeno, tempat berkumpulnya wisatawan. Foto: Indonesia Tvavel

 

Menariknya dari Desa Tangkeno, banyak wisata yang bisa dikunjungi, ada beberapa benteng, air terjun dan yang paling ramai dikunjungi orang ketika di Tangkeno adalah Plaza Tangkeno.

Baca Juga: Pesona Eksotis Gua Watuburi Bombana yang Merupakan Situs Prasejarah

"Pasti kita rasa tenang dan puas, rasa penat serta letih terbayarkan ketika melihat pemandangan Desa Wisata Tangkeno,” beber Wasrianti, warga Desa Emokolo, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana.

Sebelumya diberitakan Telisik.id, destinasi Desa Wisata Tangkeno telah miliki hak merek atau hak paten dengan nama Destinasi Wisata Tangkeno Negeri di Awan. Hak merek destinasi ini diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) Republik Indonesia.

Diberikan kepada Janariah yang pada waktu itu masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Bombana Tahun 2019 lalu dengan nomor pendaftaran IDM000824516. Destinasi Wisata Tangkeno Negeri di Awan akan terdaftar selama 10 tahun yakni hingga 2029 mendatang.

Bagi Telisikers yang ingin berkunjung dan menikmati langsung keindahan Desa Wisata Tangkeno, destinasi Wisata ini dapat ditempuh naik kapal laut melalui Ibu Kota Bombana, Rumbia selama kurang lebih 5 jam dan dilanjutkan dengan perjalan darat selama kurang lebih 1,5 Jam dari pelabuhan Sekeli Kabaena. (B-Adv)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga