adplus-dvertising

Piala AFF 2020: Pelatih Timnas Indonesia Siapkan Kejutan saat Hadapi Vietnam, Apa Itu?

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 15 Desember 2021
1328 dilihat
Piala AFF 2020: Pelatih Timnas Indonesia Siapkan Kejutan saat Hadapi Vietnam, Apa Itu?
Pelatih Shin Tae-yong saat arahkan para pemain Timnas Indonesia. Foto: dok. PSSI

" Timnas akan menghadapi Vietnam di matchday ketiga Grup B Piala AFF 2020, Rabu 15 Desember 2021 pukul 19.30 WIB "

SINGAPURA, TELISIK.ID - Saat menghadapi Vietnam di matchday ketiga Grup B Piala AFF 2020, Tim Nasional (Timnas) Indonesia bakal tampil berbeda, Rabu 15 Desember 2021 pukul 19.30 WIB.

Melansir okezone.com, strategi tampil berbeda tersebut dilakukan pelatih Shin Tae-yong dengan harapan memberi kejutan untuk dapat memberikan hasil maksimal bagi Timnas Indonesia.

Vietnam merupakan lawan ketiga Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Sebelumnya, Timnas Indonesia tampil apik di dua laga awal dengan meraih kemenangan. Kemenangan pertama saat melawan Kamboja dengan skor 4-2.


Saat itu, Timnas Indonesia tampil beringas di awal-awal babak. Sampai-sampai tiga gol tercipta di babak pertama dan satu gol di awal babak kedua. Namun, penampilan Timnas Indonesia menurun di akhir-akhir babak hingga berujung kebobolan.

Sebaliknya saat menang 5-1 melawan Laos pada 12 Desember 2021, Timnas Indonesia justru panas di babak kedua. Saat itu, skuad Garuda kesulitan di babak pertama meski akhirnya unggul 2-1.

Ketika masuk babak kedua, terutama menjelang akhir laga, Timnas Indonesia mencetak tiga gol tambahan.

Melihat tren seperti ini, Shin Tae-yong tidak mau terlalu kaku mengincar gol di menit tertentu saat melawan Vietnam.

Menurutnya, naik turun performa pemain dalam suatu laga adalah hal yang wajar tergantung siapa lawannya.

“Berdasarkan lawan, taktik kami akan berbeda. Waktu kami mencetak gol di dua pertandingan sebelumnya, semuanya berbeda,” ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga, Selasa (15/12/2021).

Baca Juga: Piala AFF 2020: Saat Egy Gabung Skuad, Timnas Indonesia Bisa Tambah Kuat

“Pertandingan melawan Kamboja kami mencetak gol lebih awal. Di pertandingan kedua melawan Laos, kami bermain lebih baik. Tergantung lawannya, gaya bermain kami akan berbeda,” lanjut pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Bagi Shin Tae-yong, Vietnam adalah tim terkuat di Piala AFF 2020, mengingat ia juara bertahan pada ajang pertandingan sepakbola bergengsi di Asia Tenggara ini.

Olehnya itu, pelatih asal Korea Selatan itu meminta para pemain Timnas Indonesia untuk benar-benar mempersiapkan diri sebaik mungkin menjelang laga kontra Vietnam dan Malaysia. 

"Saya ingin para pemain bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk menghadapi Vietnam dan Malaysia, dua pertandingan yang akan kami hadapi nanti," kata Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI. 

Baca Juga: Jelang Lawan Vietnam di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Minta Skuad Garuda Lebih Siap

"Pastinya Vietnam adalah tim terkuat di turnamen ini. Mereka juga adalah calon juara. Namun, kami tidak takut dengan mereka. Jika bermain bagus dan percaya diri, kami bisa mendapatkan hasil maksimal melawan Vietnam," ujar Shin Tae-yong. 

Setelah melawan Vietnam pada Rabu (15/12/2021), Skuad Garuda akan bersua dengan Malaysia pada laga terakhir Grup B hari Minggu (19/12/2021). (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga