Pj Bupati Salurkan Zakat ASN untuk Ribuan Warga Miskin di Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 24 Maret 2024
0 dilihat
Pj Bupati Salurkan Zakat ASN untuk Ribuan Warga Miskin di Kolaka Utara
Penjabat Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding saluran zakat ASN di Kecamatan Tolala. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menyalurkan zakat mal yang bersumber dari gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) sebayak Rp 1,5 miliar "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menyalurkan zakat mal yang bersumber dari gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) sebayak Rp 1,5 miliar lebih untuk fakir dan miskin yang tersebar di 133 desa/kelurahan di 15 kecamatan.

Menurut Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, kegiatan ini bukan hanya sekadar memberi dan menerima, tetapi juga dapat memperkuat nilai kebersamaan dan kesatuan sebagai umat Islam.

"Kegiatan ini sebagai sarana memperkuat ukhuwah dan solidaritas antar warga," jelas Pj Bupati di setiap momen penyaluran zakat mal.

Kata dia, zakat yang terkumpul merupakan bukti kepedulian dan komitmen ASN Kolaka Utara menjaga persaudaraan antar sesama dan diharapkan penerimaan santunan dilakukan dengan penuh keikhlasan.

"Semoga bantuan zakat ini dapat meringankan beban hidup saudara-saudara kita yang kurang beruntung," harapnya.

Baca Juga: Zakat Fitrah di Muna Barat Ditetapkan, Ini Besarannya

Lebih lanjut, alumni Magister bidang perencanaan perkotaan, komunitas, dan daerah, Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menyampaikan, pada hakikatnya zakat tidak hanya membersihkan harta tapi juga mensucikan jiwa.

Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding salurkan zakat ASN di Masjid Agung Kota Lasusua. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

 

Zakat juga berfungsi sebagai sarana membersihkan dan mensucikan diri dari tabiat rakus serta sifat kikir pemilik harta. Harta yang telah bersih dari hak orang lain menjadikan harta yang dimiliki semakin berkah.

Kepala Baznas Kolaka Utara, Ajmal Arif mengungkapkan, santunan yang diberikan kepada fakir dan miskin yang tersebar di 133 desa dan 15 kecamatan ini bersumber dari zakat profesi ASN di Kolaka Utara, ASN Kementerian Agama, dan karyawan PDAM Kolaka Utara.

"Keseluruhan penerima (zakat ASN, red) di Kolaka Utara sebanyak 2.793 orang, terdiri dari faqir 798 dan miskin 1995," terangnya via WhatsApp, Sabtu (23/3/2024).

Ketua Baznas Kolaka Utara, Ajmal Arif salurkan zakat ASN di Kecamatan Tolala. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

 

Ajmal menambahkan, total penerima zakat mal setiap desa sebanyak 21 orang termasuk dalam jumlah itu keluarga fakir dan miskin. Kata Ajmal, pendistribusian zakal terakhir kemarin di Kecamatan Tolala, Porehu dan Batu Putih.

"Keseluruhan penerima di Kecamatan Batu Putih 231 orang, Porehu 168 orang, dan Tolala 126," rincinya.

Baca Juga: Baznas Sulawesi Tenggara Mulai Buka Pembayaran Zakat

Berbeda dari tahun sebelumnya, zakat yang disalurkan di 133 desa dan kelurahan yang diperuntukkan dua asnaf (kategori) yakni asnaf fakir dan miskin nominal berkurang.

Tahun 2023, asnaf fakir mendapat Rp 600.000 per orang/KK, tahun ini jadi Rp 500.000/orang sementara kategori miskin nominalnya sama yakni Rp 400.000/orang. Perbedaan nominal zakat yang diterima setiap asnaf merupakan ketentuan yang telah diatur sesuai dengan ketentuan sistem pembagi zakat.

Jumlah penerima untuk asnaf miskin tahun ini juga alami penurunan dari 2.660/orang tahun 2023 menjadi 1.995/orang tahun ini. (B-info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga